1 Anggota PPK Mengundurkan Diri, KPU Tolitoli Gerak Cepat Lantik PAW

1 Anggota PPK Mengundurkan Diri, KPU Tolitoli Gerak Cepat Lantik PAW

14/08/2020 16:14 0 By Maman

Komisioner KPU Tolitoli, Irwan B melantik dan mengambil sumpah PAW PPK Dondo, Susanti. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Tolitoli) – KPU Tolitoli melantik dan mengambil sumpah Pengganti Antar Waktu (PAW) PPK Dondo. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan, setelah adanya pengunduran diri dari salah seorang personil PPK Dondo, Abdul Razak.

Jum’at (14/8/2020), Komisioner KPU Tolitoli, Irwan B mengatakan, posisi Abdul Razak kini resmi digantikan Susanti. Pengunduran diri Abdul Razak dari keanggotaan di PPK Dondo, memilih pekerjaan ditempat lain, dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun.

“Setelah yang bersangkutan menyampaikan pengunduran diri secara tertulis, kami melakukan rapat pleno, dan kemudian menerbitkan SK pemberhentian dan pengangkatan,” kata Irwan.

Susanti sebagai PAW PPK Dondo juga kata Irwan, sebelumnya merupakan Ketua PPS di Kecamatan Dondo. Namun atas pertimbangan Susanti sebagai cadangan di PPK, sehingga disepakati bersama, Susanti diberhentikan dari keanggotaan PPS dan diangkat menjadi Anggota PPK Dondo.

“Yang mengantikan posisi Susanti di PPS yakni cadangan Anggota PPS, sehingga posisi itu tidak kosong,” ungkapnya.

Komisioner di Divisi Hukum dan Pengawasan ini juga mengatakan, dasar dilakukannya pelantikan PAW PPK ini, karena ini merupakan tanggung jawab dari KPU. Padatnya tahapan Pilkada Tolitoli yang sementara berjalan, membutuhkan gerak cepat, agar tahapan bisa berjalan dengan lancar.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di salah satu ruangan komisioner KPU ini,dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang berlaku. (Andis/Adv)