1 Januari 2020 Minyak Goreng Curah Resmi Dilarang, Ini Alasannya

07/10/2019 21:53 0 By admin

Ilustrasi (anwart)

Hulondalo.id – Minyak goreng curah, alias minyak kelapa, masih menjadi andalan ibu-ibu rumah tangga atau pedagang gorengan. Alasannya satu, harganya lebih murah. Tapi, mulai 1 Januari 2020, penjualannya akan dihentikan.

Di Gorontalo sendiri, menurut Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo, Sujono Said Antule, bahwa larangan jual minyak goreng curah alias minyak kelapa sudah disosialisasikan ke pedagang di pasar-pasar tradisional kabupaten/kota sejak 1 Januari 2019.

Sujono pun menjelaskan, alasan larangan penjualan minyak goreng curah. Selain tidak memenuhi standar kesehatan, kemasannya pun hanya menggunakan plastik biasa atau botol bekas air minum kemasan.

“Tentunya, hal ini menjadi dasar pemerintah untuk melarang peredaran penjualan minyak goreng curah di pasaran, untuk di konsumsi oleh masyarakat,” katanya.

“Sosialisasi larangan tersebut hanya sampai di tahun 2019, dan mulai resmi berlaku pada 1 Januari 2020. Sehingga, kami menyarankan agar para penjual segera menghentikan penjualan minyak goreng curah dan yang tak bermerek, sebelum dilakukan penarikan di pasaran,” imbuhnya lagi.

Sujono berharap, masyarakat tidak lagi membeli dan mengkonsumsi minyak goreng curah, dan beralih kepada minyak goreng dalam kemasan yang telah memenuhi standar dari Kementerian Kesehatan.(Rinto)

loading...