11 Kelompok Terima 242 Ekor Bibit Ternak Kambing Betina

11 Kelompok Terima 242 Ekor Bibit Ternak Kambing Betina

26/03/2019 10:25 0 By Maman

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan bantuan bibit ternak kepada 11 kelompok ternak.

Hulondalo.id – 11 kelompok dari berbagai kecamatan, menerima bantuan bibit ternak kambing betina. 242 ekor kambing ini, diserahkan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Bantuan ini melalui Program Peningkatan Produksi Hasil Peternakan pada kegiatan  Pendistribusian Ternak untuk Masyarakat. Bantuan ini juga bersumber dari APBD tahun 2019 inas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo.

Penyerahan dilakukan secara simbolis pada Sabtu (24/03/2019) di Kelurahan Hepuhulawa Limboto. Bupati berharap, bantuan ini dapat dikembangkan menjadi usaha peternakan kambing.

“Dikembangbiakkan dan dipelihara dengan baik, sehingga memberi manfaat bagi penerima dalam pengembangan usaha ekonomi rumah tangga,” kata Bupati.

Untuk OPD terkait kata Bupati, realisasi bantuan ternak kepada masyarakat agar senantiasa mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan. “Penyerahan bantuan juga dapat menyesuaikan waktu dan yang terpenting tepat sasaran,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Gorontalo Femiwaty Umar mengatakan, usaha peternakan adalah kegiatan mengembang biakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dari hasil kegiatan tersebut.

“Memelihara ternak perbedaannya terletak pada tujuan – tujuan yang di tetapkan,” ujar Femiwaty. Peternakan kata dia, mencari keuntungan dengan penerapan prinsip – prinsip manajemen pada faktor – faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.

11 kelompok penerima bantuan ini antara lain, Kelurahan Hepuhulawa, Dutulanaa, Biyonga Kecamatan Limboto. Kemudian Limboto Barat terdiri dari, Desa Hutabohu dan  Tunggulo.

Di Kecamatan Telaga Biru tersebar di Desa Pentadio Barat, Ulapato A. Kecamatan  Tilango tersebar di Desa Lawonu. Dan untuk Kecamatan Dungaliyo masing – masing Desa Ayuhula dan Desa Momala. (hl/ika)