11,4 Ton Ikan Tuna Gorontalo Tembus Jepang

11,4 Ton Ikan Tuna Gorontalo Tembus Jepang

22/03/2019 23:02 0 By Alex

ekspor tuna

Ikan tuna asal Gorontalo. (f.dok Alex)

Hulondalo.id – Satu lagi komoditas asal Gorontalo akan diekspor ke Osaka, Jepang. Ya, kali ini adalah ikan tuna dengan total ekspor sudah mencapai 11,4 Ton.

Adapun ekspor paket tuna ke Osaka dilakukan melalui pesawat udara dengan rute Gorontalo–Denpasar Bali–Osaka Jepang. Saat ini, harga Tuna loin di Jepang berkisar 1300 – 1500 Yen per Kg. Sementara harga di pasar lokal hanya berkisar Rp 80 Ribu per Kg.

“Ini sudah yang ke 19 kalinya. Ekspor tuna memang tergantung permintaan. Biasanya, berkisar 500 Kg sampai 1 Ton. Tapi karena keterbatasan kuota pengiriman dari pihak maskapai, sampai saat ini masih berkisar 600 Kg,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo, Sutrisno usai melepas ekspor tuna milik CV Berkat Adidaya di Kelurahan Tenda, Kecamatan Hulondalangi, Kota Gorontalo, Jumat (22/3/2019).

Mewakili pemerintah daerah, Sutrisno berjanji akan terus mendorong setiap Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang ada di Gorontalo untuk meningkatkan kualitas produk olahannya agar mampu masuk ke mancanegara, layaknya udang dan tuna.  Selain Tuna, sejatinya Gorontalo sudah mengekspor beberapa jenis ikan seperti bandeng dan ikan lajang, namun masih dalam skala yang kecil.

Terpisah, Direktur CV Berkat Adidaya, Adit Rafiq Ahmad mengatakan, ikan tuna di Gorontalo sangat banyak dan berkualitas. Akan tetapi, perdagangan tuna masih didominasi ke pasar antar daerah.

Adit pun berharap agar Pemerintah Provinsi Gorontalo terus meningkatkan produk ekspor dengan menyediakan material pendukung seperti es jelly yang digunakan untuk produk komoditas ekspor.(usman)