15 Investor Mendaftar di Boalemo, Harys: Kami Siap Bantu Mereka

15 Investor Mendaftar di Boalemo, Harys: Kami Siap Bantu Mereka

07/05/2021 21:58 0 By Maman

Kantor DPM-PTSP Boalemo

Kantor DPM-PTSP Kabupaten Boalemo.

Hulondalo.id – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Boalemo, Harys Pilomonu mengatakan, siap membantu investor masuk dan menanamkan modalnya di Boalemo.

“Masuknya investor pasti butuh tenaga kerja, sehingga mereka pasti akan saya terima dan badani, karena namanya investor, mau tidak mau saya harus membantu mereka untuk dapat izin,” kata Harys.

Harys juga mengatakan, hingga kini ada 15 investor yang mendaftar dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Boalemo.

“Saya paling tanggap terkait persoalan investor, karena pak presiden selalu menekan, jangan banyak embel-embel atau persyaratan di daerah, secepatnya lakukan pelayanan, jangan mempersulit, dan jangan ada maksud tertentu,” ungkapnya.

Investor kata dia, melengkapi pembangunan dari pembayaran pajak dan menambah pendapatan daerah. Bahkan kata Harys, jika mendengar ada investor sudah di bandara Djalaludin, akan langsung dijemputnya.

OPD yang dipimpinnya juga kata Harys, akan mempermudah pembukaan lahan untuk para investor.

“Jika sudah ada, saya bantu perijinan, aman dan tidak masalah, kami dari pemerintah daerah siap menerima investor yang datang di Kabupaten Boalemo,” terangnya.

Dia juga mengingatkan agar, investor yang datang di Boalemo harus benar-benar melakukan investasi dengan baik.

“Secepatnya lakukan koordinasi, agar tidak ada persoalan di masyarakat, sehingga, kalau pemerintah sudah dilakukan koordinasi, akan dimediasi dan dilancarkan,” terang Harys.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PM PTTSP Boalemo, Romin Sahidi menyampaikan bahwa, salah satu investor yang kini dalam tahap pembahasan MoU yakni, Pabrik Ban dan Home Industri.

Persyaratan kata Romin, sudah diterapkan, termasuk tentang hak dan kewajiban.

“Prosedurnya, kita mulai dari permohonan dari investor, kita tindak lanjuti dengan perjanjian kerjasama, dalam MoU kita atur seperti apa hak dan kewajiban masing-masing,” ungkapnya.

Pemkab Boalemo akan menyediakan lahan dengan status peminjaman kepada investor, dan targetnya setelah lebaran akan di mulai permohonon pembangunannya.

“Dalam MoU akan ada salah satu pasal yang akan membahas terkait SDM yang akan bekerja disitu, mereka janji kemarin itu, akan mengutamakan SDM lokal, mungkin satu tahun pertama mereka akan intervensi, namun jika berjalan bagus, akan diserahkan untuk dikelola oleh lokal, tujuannya akan dialihkan ke koperasi,” tandasnya. (Rifal/Adv)