18 Desa Dapat Program READ-SI, Sasaran Petani yang Tak Punya Lahan

18 Desa Dapat Program READ-SI, Sasaran Petani yang Tak Punya Lahan

24/04/2019 10:09 0 By Maman

Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo menggelar Start Up Workshop Program READSI yang diikuti para penyuluh dari 18 desa.

Hulondalo.id – Sektor pertanian 18 Desa se Kabupaten Gorontalo, menjadi sasaran dari program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Innitiative (READSI). Program ini memang diperuntukkan bagi petani yang tak memiliki lahan.

Kepala Dinas Pertanian Rahmat Pomalingo mengatakan, program READSI akan memperkuat kelembagaan dari para petani itu sendiri.

“Kami bersyukur dengan adanya progam ini yang dapat mendorong kapasitas para penyuluh dan kelompok tani,” ujar Rahmat saat diwawancarai hulondalo.id usai Start Up Workshop Selasa (23/4/2019) diruang kerjanya.

Ia melanjutkan bahwa, Kabupaten Gorontalo mendapatkan anggaran hibah dari program READSI ini, kurang lebih Rp. 20 miliar.

“Rp. 20 miliar itu, dilaksanakan selama 5 tahun lamanya, dan ini baru tahap awal, kita lakukan dulu penguatan kapasitas penyuluh dan kelompok tani,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan Dinas Pertanian Mohamad Nasrudin Isa mengatakan, tujuan dari workshop yang digelar di aula kantor Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo ini, membantu para petani dalam bentuk pemberdayaan.

“Saat ini, kita masih fokus dalam peningkatan kapasitas dari kelembagaan dan kelompok tani itu sendiri,” ungkap Nasarudin.

Dia juga menambahkan, sasaran dari penerima READSI adalah masyarakat petani miskin yang tidak mempunyai lahan. Nasarudin berharap, mereka yang mengikuti workshop akan lebih memahami tupoksinya sebagai penyuluh, dan juga lebih memahami tujuan dari pelaksanaan program ini.

“Sehingga, kedepan apa yang diharapkan untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan produksi, serta perubahan sikap dan perilaku petani bisa terjadi secara signifikan,” kata Nasarudin.

Peserta dari workshop tersebut adalah penyuluh yang ada desa, yang mendapatkan program READSI di 18 Desa di Kabupaten Gorontalo. (zull)