2 dari 4 Ranperda Usul Inisiatif Legislatif Mulai Diseriusi, Target Tahun Ini Tuntas

2 dari 4 Ranperda Usul Inisiatif Legislatif Mulai Diseriusi, Target Tahun Ini Tuntas

13/09/2021 15:21 0 By Maman

Rapat Bappemperda DPRD Gorontalo Utara

Bappemperda DPRD Gorontalo Utara menggelar rapat internal. (foto:prin)

Hulondalo.id – 2 dari 4 Ranperda usul inisiatif legislatif mulai diseriusi Bapemperda DPRD Gorontalo Utara. Sesuai mekanisme kata Ketua Bapemperda DPRD Gorontalo Utara, Ridwan R. Arbie, pimpinan DPRD akan disurati dalam rangka permintaan untuk menjadwalkan Rapat Paripurna Internal.

Ridwan mengatakan, tahun 2021 ini ada 10 ranperda yang harus diselesaikan. Dari 10 ranperda tersebut kata dia, 4 diantaranya usul inisiatif DPRD dan 6 lainnya usul inisiatif eksekutif.

“Dari empat usul inisiatif DPRD, dua masih butuh paripurna internal, karena akan melahirkan menjadi usul inisiatif lembaga,” kata Ridwan, usai menggelar Rapat Bapemperda bersama Staf ahli DPRD, Senin (13/9/2021).

Olehnya kata Ridwan, sesuai mekanisme untuk melahirkan prodak hukum, yang dua tersebut menjadi usul inisiatif lembaga, maka Bapemperda memutuskan menyurati pimpinan DPRD untuk menjadwalkan atau melaksanakan paripurna internal.

“Dua ranperda ini adalah bantuan hukum dan kewenangan desa,” ungkapnya.

“Insya Allah dengan kerja keras dan kerja cerdas, tiga bulan terakhir ini 10 ranperda akan ditetapkan menjadi peraturan daerah,” sambungnya.

Ridwan menambahkan, rapat tersebut sesuai dengan surat Pimpinan DPRD, tentang percepatan program legislasi daerah tahun 2021. (Prin/Adv)