20 Surat Suara Pilkada Tolitoli & Sulteng Rusak

20 Surat Suara Pilkada Tolitoli & Sulteng Rusak

27/11/2020 12:54 0 By Maman

Pelipatan Surat Suara Pilkada Tolitoli

Surat suara untuk Pilkada Tolitoli da Sulteng dilipat yang diawasi dan dijaga ketat aparat Polres Tolitoli. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – 20 surat suara untuk pelaksanaan Pilkada Tolitoli dan Provinsi Sulteng ditemukan rusak. Rinciannya, 17 surat suara Pilkada Tolitoli, 3 surat suara Pilkada Provinsi Sulteng.

Ketua KPU Tolitoli, Suleman Padjalani mengatakan, surat suara yang rusak ini ditemukan saat 267 petugas sementara melakukan pelipatan surat suara, Kamis (26/11/2020). Sesuai rencana kata dia, temuan ini segera dilaporkan ke KPU Sulteng.

“Dibuatkan berita acaranya, kemudian disampaikan ke KPU Sulteng, kami juga sudah didesak untuk segera membuat laporan ke KPU Sulteng,” kata Seleman.

Suleman juga menjelaskan, pelipatan surat suara melibatkan masyarakat yang mendaftarkan dirinya. Mereka kata Suleman, dipastikan bukan dari kader partai dan tim paslon Bupati dan Wabup yang peserta Pilkada Tolitoli.

“Adapun jumlah surat suara yang dilipat sekitar, 154.013 lembar, dan itu termasuk 2,5% dari total 504 TPS dan 150.009 DPT,” ujar Suleman.

Suleman juga mengatakan, antisipasi juga sudah dilakukan dengan menyiapkan 2.000 lembar surat suara jika waktu terjadi pemungutan suara ulang. Namun kata Suleman, surat suara itu tidak dilipat. (Andis)