2022, Gorontalo Utara Target Stop Buang Air Besar Sembarangan

2022, Gorontalo Utara Target Stop Buang Air Besar Sembarangan

09/07/2021 00:28 0 By Maman

Deklarasi 5 Pilar Bupati Indra

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat mencanangkan Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Buladu Kecamatan Sumalata Timur. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Tahun 2022 mendatang, Pemkab Gorontalo Utara menargetkan, tidak ada lagi keluarga di daerah ini yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Target ini dicanangkan pada Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Buladu Kecamatan Sumalata Timur, Kamis (8/7/2021). Intinya kata Bupati desa dapat memperlihatkan lingkungan yang bersih.

“Artinya kesehatan secara keseluruhan, antara lain didalamnya adalah, keluarga itu harus punya jamban,” ujar Bupati.

Desa Buladu kata Bupati, satu diantara dua desa di Kecamatan Sumalata Timur, yang sudah 100% memiliki jamban keluarga. Sehingga, tidak ada lagi keluarga yang BABS.

“Itu yang saya apresiasi bahwa, Kades Buladu ini dari waktu ke waktu memperlihatkan satu prestasi,” imbuhnya.

Bupati berharap, desa tersebut menjadi contoh bagi desa lainnya di Sumalata Timur. Artinya, Sumalata Timur menjadi kecamatan pelopor 100% untuk jamban keluarga.

Secara menyeluruh di Gorontalo Utara kata Bupati, 80% lebih presentasi jamban keluarga. Atau posisi kedua setelah Kota Gorontalo. Sebab itu lanjut Bupati, Gorontalo Utara tahun 2022, ingin meraih kabupaten pertama yang tidak BABS.

“Ini juga salah satu penunjang bagi kita untuk maju menjadi kabupaten yang layak anak, yang antara lain kehidupan di sekitarnya nyaman dan tentu itu lingkungan yang sehat,” pungkasnya. (Prin/Adv)