209 Petani di Dungaliyo & Tabongo Dapat Bantuan Pertanian Program READSI

209 Petani di Dungaliyo & Tabongo Dapat Bantuan Pertanian Program READSI

09/04/2021 19:25 0 By Maman

Bantuan Pertanian Wabup Hendra

Wabup Gorontalo, Hendra Hemeto menyerahkan bantuan pertanian. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – 209 petani yang tersebar di Kecamatan Dungaliyo dan Tabongo Kabupaten Gorontalo menerima bantuan pertanian. Bantuan kali ini diberikan melalui program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Initiative (READSI) tahun 2020.

Jum’at (9/4/2021), Wabup Gorontalo, Hendra Hemeto usai menyerahkan bantuan mengatakan, semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani. Wabup juga mengingatkan agar, bantuan ini tepat sasaran.

“Bantuan ini bentuk perhatian pemerintah kepada kelompok tani di Kabupaten Gorontalo,” kata Wabup.

Wabup juga menjelaskan, bantuan dalam bentuk barang ini agar dapat digunakan langsung.

“Jika dalam bentuk uang, itu akan lambat, makanya bantuannya diberikan dalam bentuk barang supaya langsung digunakan, setiap petani dapatkan bantuan senilai Rp 3 juta,” ungkap Hendra.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Fonny Tangahu menuturkan, program READSI ini dari Kementerian Pertanian RI, untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia secara umum.

“Program ini berjalan selama 5 tahun, dan ini tahun ke 3, dana keseluruhan sekitar Rp 20,9 miliar, hingga kini yang terrealisasi mencapai Rp 6,6 miliar atau 31% dari total anggaran,” ujar Fonny.

Ketua Kelompok Tani Terpencil, Ajis Saleh meyampaikan terima kasih kepada Pemkab Gorontalo yang telah memberikan bantuan ini. Tak hanya dirinya kata Ajis, para petani masih berharap bantuan ini bisa berkelanjutan,” harapnya.

Adapun bantuan yang diberikan berupa, pupuk (phonska dan urea), pestisida, herbisida, serta benih yang disesuaikan dengan kebutuhan petani di masing-masing kelompok. (Pin/Adv)