23 Maret 2021, SK GTT Gorontalo Utara Terbit

23 Maret 2021, SK GTT Gorontalo Utara Terbit

19/03/2021 23:27 0 By Maman

Seleksi Rekrutmen GTT Gorontalo Utara

Seleksi Tahap II dilakukan Dinas Pendidikan pada rekrutmen GTT tahun 2021. (foto:prin)

Hulondalo.id – Tanggal 23 Maret 2021 ditargetkan SK pengangkatan Guru Tidak Tetap (GTT), telah diterbitkan. Kini proses rekrutmen GTT tahun 2021, telah masuk pada tahap II.

Asisten I Setda Gorontalo Utara, Thamrin Yusuf mengatakan, proses rekrutmen GTT tahun ini, dilakukan secara online. Baik itu pada tahap pertama dan kedua.

“Uji kompetensi juga sudah menerapkan sistem online dan berlangsung di beberapa kecamatan, ada zona pagi dan zona Sore,” kata Thamrin usai membuka rekrutmen Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bukan ASN di SMP Negeri 1 Kwandang, Jum’at (19/3/2021).

Selain merekrut GTT untuk SD, SMP, sesuai kebijakan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin kata Thamrin, rekrutmen juga dilakukan untuk guru PAUD dan Madrasah setara SD dan SMP.

“Karena mereka juga adalah SDM yang ada di Gorontalo Utara,” imbuh Thamrin.

Rekrutmen secara online ini diakui Thamrin, patut diapresiasi. Kedepan, dia berharap, konsep ini bisa menjadi pilot project dalam merekrut PTT menjadi P3K.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Usman mengatakan, seleksi ini berdasar pada formasi kecamatan yang tersebar di 11 Kecamatan. Kuota GTT disemua jenjang baik TK, SD, SMP dan PAUD itu lanjut dia, sebanyak 1442 orang.

“Hingga kini, yang memenuhi persyaratan khusus untuk seleksi administrasi itu ada 913 orang, sedangkan untuk tenaga kependidikan ada 115 orang, masih ada selisih, dan ini terjadi karena ada yang mengundurkan diri,” ujar Irwan.

Namun kata Irwan, hal paling menentukan adalah uji kompetensi. Terkait sistem yang dilakukan, Irwan menjelaskan, Dinas Pendidikan sudah kerja sama dengan Kemendikbud, dan aplikasinya terintegrasi.

” SK GTT, minggu depan dengan target selambat-lambatnya tanggal 23 Maret sudah ada,” kata Irwan.

Rekrutmen melalui uji kompetensi ini juga diakui Irwan, wujud upaya Pemkab Gorontalo Utara, khususnya Dinas Pendidikan mengarah pada kemampuan profesional guru, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab baik sebagai tenaga Pendidik maupun tenaga kependidikan. (Prin/Adv)