260 Rumah Warga & Ratusan Hektar Pertanian di Kabupaten Gorontalo Terendam Banjir

260 Rumah Warga & Ratusan Hektar Pertanian di Kabupaten Gorontalo Terendam Banjir

06/05/2021 00:10 0 By Maman

BPBD Kab Gorontalo Bantu Penyedotan Air di Rumah Warga

Personil dari BPBD Kabupaten Gorontalo membantu penyedotan air di rumah warga yang terrendam banjr. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – 260 rumah warga di Kecamatan Limboto Barat direndam banjir. Tak hanya rumah, ratusan hektar areal persawahan juga terrendam banjir. Arus lalu lintas juga ikut terdampak karena ketinggian air mencapai sekitar lutut orang dewasa hingga 50 cm.

Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengatakan, banjir diwilayah tersebut terjadi sekitar pukul 15.10 Wita. Sebelumnya kata dia, wilayah Kabupaten Gorontalo dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

“Desa terendam masing-masing, Desa Hutabohu, Bongohulawa, Pone, Tenilo, Yosonegoro, Haya-haya, serta Padengo, di Kecamatan Limboto, yakni Kelurahan Bolihuangga dan Hunggaluwa,” kata Sumanti, Rabu (05/05/2021).

130 jiwa kata Sumanti, merasakan dampak dari banjir di Kecamatan Limboto Barat tersebut.

“Padi yang terrendam banjir ada di Desa Hutabohu, Padengo, dan Haya-haya, seluas 50 hektar, dengan umur tanaman sekitar 7 hingga 14 hari, kemudian Desa Tenilo 162 hektar terendam, umur tanaman padi 14 hingga 30 hari, sedangkan di Kelurahan Bolihuangga ada 87 hektar sawah, umur tanaman 30 hari, kelurahan Hunggaluwa 18 hektar tanaman padi terendam, umur tanaman 25 hingga 30 hari,” terang Sumanti.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan evakuasi warga terdampak banjir. Juga penyedotan air di rumah warga dengan menggunakan mesin alkon.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo terkait warga yang sakit, serta Dinas Sosial untuk akomodasi, sekitar 50 jiwa mengungsi di keluarga terdekat mereka,” tutup Sumanti. (Pin)