27 Mahasiswa ARS UBM Gorontalo Jalani PBL di 4 Rumah Sakit

27 Mahasiswa ARS UBM Gorontalo Jalani PBL di 4 Rumah Sakit

25/01/2021 20:52 0 By Alex

UBM Gorontalo

Suasana penerimaan mahasiswa Praktek Belajar Lapangan (PBL) 1 Mahasiswa ARS, di Ruang Diklat, RS Ainun Gorontalo. Yang didampingi oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik & Kemahasiswaan, F-STIK, Arpin SKM, M.Kes.

Hulondalo.id – Sedikitnya 27 orang mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit (ARS), Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan (F-STIK) Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo mulai menjalani Praktek Belajar Lapangan (PBL) 1 tahun 2021, Senin (25/1/2021).

Nantinya, 27 mahasiswa ini tersebar di 4 rumah sakit milik pemerintah yang memang telah menjalin kerjasama dengan UBM Gorontalo sebagai tempat untuk kegiatan praktek mahasiswa.

Adapun 4 rumah sakit tersebut Rumah Sakit MM Dunda Limboto, Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie (RS Ainun), Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) Kota Gorontalo dan Rumah Sakit Toto Kabila Bone Bolango.

“Hari ini telah dilaksanakan proses serah terima mahasiswa S1 Administrasi Rumah Sakit dalam rangka kegiatan PBL 1 di 4 rumah sakit dan telah diterima langsung oleh bagian Diklat,” ujar Wakil Dekan 1 Bidang Akademik & Kemahasiswaan F-STIK,  Arpin SKM MKes.

Sementara itu, Sekretaris Prodi ARS, Astria Lolo MPH menjelaskan, kegiatan PBL sendiri bertujuan untuk memberikan tambahan pengalaman bagi para mahasiswa untuk bisa terjun langsung ke rumah sakit.

“Praktek Belajar Lapangan adalah suatu proses pembelajaran klinik atau lapangan yang perlu ditempuh mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam proses akademik secara terintegrasi. Agar usai menjalani studi, para mahasiswa ini siap memasuki dunia kerja dan berkompeten dalam tata kelola administrasi di rumah sakit,” jelasnya.(adv/rls/ais)