3 Ahli Waris di Bonebol Terima Santunan BPJamsostek Senilai Rp 182 Juta

3 Ahli Waris di Bonebol Terima Santunan BPJamsostek Senilai Rp 182 Juta

28/01/2021 22:23 0 By Jeffry

Bupati Bonebol Hamim Pou saat menyerahkan santunan dari BPJamsostek cabang Gorontalo kepada salah seorang ahli waris.(F. AKP/Kominfo)

Hulondalo.id – Sedikitnya 3 orang ahli waris di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) mendapatkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dari BPJamsostek cabang Gorontalo Senilai Rp 182 Juta.

Santunan tersebut diserahkan secara simbolis Bupati Bonebol Hamim Pou, Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo Herman Walangadi, serta Iswanta pejabat Provinsi Gorontalo yang mewakil Gubernur Gorontalo pada grand opening Mal Pelayanan Publik (MPP) Bone Bolango, Rabu (27/1/2021).

“Saya minta santunan ini digunakan dengan sebaik mungkin. Dibuat modal usaha dan sebagian ditabung untuk membiayai anak bersekolah,” pesan Bupati Hamim Pou kepada para ahli waris tersebut.

Sementara itu, Kepala BPJamsostek Cabang Gorontalo, Hendra Elvian, menjelaskan santunan tersebut diberikan kepada dua orang BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami risiko meninggal dunia karena kecelakaan kerja sebesar Rp 140 juta dan satu orang meninggal karena sakit sebesar Rp 42 juta.

“Jadi total keseluruhan santunan yang kita serahkan senilai Rp 184 juta,” jelas Hendra Elvian.

Ketiga peserta tersebut, jelas Hendra Elvian, merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan sektor informal atau peserta bukan penerima upah (pekerja rentan) yang premi iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Kabupaten Bonebol.

Hendra menyebutkan, sebanyak 20 ribu warga Bonebol yang merupakan pekerja rentan didaftarkan dalam program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan oleh Pemerintah Kabupaten Bonebol bekerja sama dengan BPJamsostek Cabang Gorontalo.

“Premi iurannya Rp16.800 perorang setiap bulannya dan dibayarkan oleh Pemkab Bonebol melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah setempat,”terang Hendra Elvian.

Hendra pun berharap kedepan agar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota lainnya di wilayah Provinsi Gorontalo dapat menerapkan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bonebol.

“Pemkab Bonebol tidak hanya memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja rentan saja, akan tetapi Pegawai Tidak Tetap (PTT) maupun honor juga dilindungi. Bahkan seluruh aparat desa di Bonebol telah didaftarkan juga dalam kepesertaan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” tandasnya.(Jeff/Adv)