300-an ASN & PTT di Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo Jalani Swab Tes

300-an ASN & PTT di Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo Jalani Swab Tes

07/10/2020 23:09 0 By Maman

Suasana pendaftaran pegawai yang akan melaksanakan swab tes di halaman kantor Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo di kompleks perkantoran Ayula. (foto_PPID Dikbudpora)

Hulondalo.id – 300-an ASN dan PTT di Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, menjalani swab tes. Banyaknya pegawai yang dites, pelaksanaan dibagi dalam waktu 3 hari sejak Selasa (6/10/2020), hingga Kamis (8/10/2020). Sebelumnya, swab tes serupa juga telah dilakukan di OPD lain lingkup Pemprov Gorontalo.

Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Yosef Koton mengatakan, swab tes merupakan deteksi dini penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat akhir-akhir ini. Dia berharap, seluruh pegawai di OPD ini, bebas dari virus tersebut.

“Sehingga, pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal,” kata Yosef.

Swab tes yang digelar di halaman kantor Dinas Dikbudpora kompleks perkantoran Ayula ini juga kata Kasubag Umum Kepegawaian Dinas Dikbudpora Romi Rauf, kerjasama Dinas Dikbudpora dan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

”Pelaksanaannya dilakukan dalam tiga gelombang, sebab kuota perhari dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo hanya 115 orang, jumlah pegawai di Dinas Dikbudpora termasuk PTT mencapai 300-an lebih,” ungkap Romi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole menjelaskan bahwa, swab tes merupakan upaya untuk menyakinkan masyarakat, bahwa pelayanan yang diberikan perkantoran di Pemprov Gorontalo, bebas dari Covid-19.

“Nantinya, setelah seluruh pegawai mengikuti swab tes, akan dikelompokkan, mana yang terpapar dan tidak, untuk pegawai yang terpapar Covid-19, sudah disiapkan langkah apa yang harus dilakukan,” ujar Misranda.

Dia juga mengingatkan, meski hasil swab tes negatif, bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan yang ketat, termasuk memakai masker sesuai standar.

“Setelah melakukan apa saja, tolong cuci tangan dengan air dan pakai sabun, dan penting sekali tetap memakai masker sesuai standar, dan jaga jarak,” kata Misranda. (Man/Adv)