31 JT Asal Boalemo Jalani Rapid Test Covid-19 

31 JT Asal Boalemo Jalani Rapid Test Covid-19 

10/04/2020 22:51 0 By admin

Suasana pemeriksaan rapid tes oleh tim medis kepada 31 JT asal Boalemo di RSTN sebelum diberangkatkan ke Mes Haji Kota Gorontalo untuk dikarantina, Jumat (10/4/2020).

Hulondalo.id – Sebanyak 31 Jemaah Tabligh (JT) asal Kabupaten Boalemo menjalani pemeriksaan rapid test guna pencegahan penularan Covid-19 bertempat di RSTN, Jumat (10/4/2020).

Pemeriksaan melibatkan tim medis dan gugus tugas menggunakan alat pelindung diri (APD) dikawal ketat unsur personil TNI dan Polri.

Para Jamaah Tabligh tersebut kebetulan baru saja pulang dari Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Mereka hanya diperiksa rapid test oleh tim medis untuk selanjutnya diberangkatkan ke Mess Haji Kota Gorontalo menggunakan bus untuk selanjutnya menjalani isolasi bersamaan anggota JT dari kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo.

Wabup Boalemo Anas Jusuf mewakili Bupati Darwis Moridu didampingi Kapolres Boalemo AKBP Ahmad Pardomuan, Sekda Husain Etango, sejumlah pimpinan OPD, personil TNI/Polri dan Jubirsus penanganan Covid-19, Ruslyaras menjelaskan, sejumlah 31 JT asal Boalemo sangat kooperatif menjalani pemeriksaan rapid test dan bersedia dikarantina di Mess Haji saat itu juga.

Langkah ini pun ditempuh setelah melalui pertemuan bersama Forkopimda.


“Mereka hanya menjalani pemeriksaan skrining berupa rapid test Covid-19. Tidak dilakukan penanganan diagnosa. Nantinya juga untuk hasil konfirmasi skrining rapid test akan diumumkan setelah diperoleh hasilnya,” terang Wabup Anas Jusuf bersama Jubirsus Covid-19, dr. Ruslyaras.

Sementara meningkatkan kewaspadaan usai ditetapkannya 1 orang warga positif Covid-19 di Gorontalo, Pemkab Boalemo kian memperketat aktivitas dari kerumunan warga. Misalnya memberlakukan piket malam dan menutup sementara pasar mingguan. (narto)