312 ‘Penghuni’ Lapas Gorontalo Bakal Dapat Remisi, 4 Kasus Korupsi, 39 Kasus Narkoba

312 ‘Penghuni’ Lapas Gorontalo Bakal Dapat Remisi, 4 Kasus Korupsi, 39 Kasus Narkoba

12/05/2021 20:08 0 By Syakir

Kasi Binadik Lapas Gorontalo Kasdin Lato

Hulondalo.id – Lembaga permasyarakatan (lapas) kelas IIA Gorontalo mengusulkan 312 dari jumlah 446 narapidana warga binaan untuk remisi di Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021. Hal ini, diungkapkan Kasdin Lato Kasi Binadik Lapas kelas IIA Gorontalo, Rabu (12/5/2021) jelang lebaran.

Kasi Binadik Lapas Gorontalo Kasdin Lato mengatakan, remisi ini berdasarkan pasal 34 adalah bagi mereka yang pidana umum atau pidana khusus Narkotika yang pidananya dibawah 5 tahun.

Kemudian, kata Kasdin, pada pasal 34 huruf a ayat 1 berdasarkan PP 99 bahwa itu dikhususkan bagi mereka tindak pidana korupsi, Narkotika yang pidananya diatas 5 tahun.

“Tahun ini kami sudah mengusulkan, 4 orang untuk pidana korupsi, 39 orang kasus Narkotika. Jadi, totalnya 43 orang,” ungkapnya.

Sebelumnya, ia menjelaskan, jumlah keseluruhan narapidana di lapas kelas IIA Gorontalo 446 narapidana. Dan, kata dia, 312 orang memenuhi administrasi untuk diusulkan mendapatkan remisi.

“Akan tetapi, kepastian yang menerima remisi kemudian bervariasi. Mulai dari penerima remisi 15 hari, 30 hari (1 bulan), 45 hari, dan 60 hari penerima remisi khusus di hari raya Idul Fitri,” ujar Kasdin.

“Dari jumlah yang diusulkan, kami masih menunggu surat keputusan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Semua akan diumumkan se-Indonesia yang terpusat di Direktoral Permasyarakatan yang di tandatangani oleh Menteri Hukum dan HAM,” tambahnya.

Tak hanya itu, jelang lebaran besok juga di lapas kelas IIA Gorontalo sudah mempersiapkan pelaksanaan sholat. Saat ini, kita sudah menetapkan mulai dari Imam, Khotib dan yang akan melaksanakannya yakni petugas lapas Gorontalo.

“Kita tetap mengikuti anjuran pemerintah, kami akan melaksanakan sholat Idul Fitri pukul 07.00 dan akan dilaksanakan di lapas kelas IIA Gorontalo,” tandasnya. (Inkri)