35 Warga Gorontalo di Ternate, Rusli: Alhamdulillah, Pak Gubernur Malut Bantu

35 Warga Gorontalo di Ternate, Rusli: Alhamdulillah, Pak Gubernur Malut Bantu

25/05/2020 16:59 0 By Maman

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama istri Idah Syahidah saat mengikuti halalbihalal secara daring dengan pengurus KKIG, Senin (25/5/2020). (Foto: Fadli-Humas).

Hulondalo.id – Keberadaan 35 warga Gorontalo di Ternate, mendapat bantuan dari Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Ghani Kasuba. Ini setelah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, via telepon berkoordinasi dengan Gubernur Malut.

Penerapan PSBB di Provinsi Gorontalo, membuat 35 warga Gorontalo di Ternate, tak bisa pulang. Senin (25/5/2020), dalam acara halalbihalal dengan Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) melalu daring, para pengurus menyampaikan keberadaan 35 warga tersebut.

Mereka tertahan di Pelabuhan Ternate sejak 8 Mei 2020 lalu. Jika 35 warga ini diijinkan pulang kata Rusli, maka akan ada ribuan orang juga ingin pulang.

“Kita tidak bisa tampung. Tolong dipahami dan dimaknai sikap kami, sikap saya untuk perlindungan masyarakat di Gorontalo. Tidak ada pilih kasih, berlaku untuk semua,” ucap Rusli.

Terhadap kondisi itu, Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba menyatakan kesanggupannya untuk menyediakan tempat penampungan dan memberi bantuan makanan, hingga akhir masa PSBB di Gorontalo. Sekda Malut akan ditugaskan untuk berkoordinasi dengan KKIG Ternate.

“Karena di Gorontalo masih penerapan PSBB, jadi mereka ditahan dulu, saya tugaskan Sekda hari ini, untuk cari penampungan dan membantu mereka hingga PSBB selesai,” ungkap Abdul Ghani lewat telepon.

35 warga Gorontalo yang selama ini mengadu nasib di Ternate, Malut tidak bisa mudik karena tidak ada pelayaran dengan rute Gorontalo sejak diterapkan PSBB 4 Mei 2020 lalu. Pemprov Gorontalo menutup akses masuk darat, laut dan udara hingga PSBB tahap II berakhir 31 Mei 2020. (Man/Adv)