4.678 Mahasiswa Baru Ikut Pelatihan TIK Online Pakai Aplikasi Sekolah Rakyat UNG

4.678 Mahasiswa Baru Ikut Pelatihan TIK Online Pakai Aplikasi Sekolah Rakyat UNG

05/08/2021 15:01 0 By Maman

Aplikasi Sekolah Rakyat UNG

Penggunaan aplikasi Sekolah Rakyat UNG.

Hulondalo.id – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PELTIK), untuk 4.678 mahasiswa baru angkatan 2021 yang sudah teregistrasi di UNG.

Kepala UPT TIK UNG, Salahudin Olii, ST,.MT mengatakan, tradisi pelatihan TIK untuk mahasiswa baru ini telah dilakukan sejak tahun 2010. Di tahun 2020 dan 2021 dilaksanakan secara daring menggunakan platform aplikasi Sekolah Rakyat UNG.

“Pelatihan dilaksanakan sejak tanggal 2-9 Agustus 2021, dibagi dalam 101 kelas dan setiap kelas mengikuti 4 pertemuan daring,” ungkapnya, Kamis (8/5/2021).

Materi dalam pelatihan ini kata Salahuddin, terdiri dari pengantar yang menjelaskan tentang pengenalan aplikasi-aplikasi dari UNG dan Kementerian Pendidikan seperti, PD DIKTI, aplikasi verifikasi ijazah, aplikasi SKPI, aplikasi pelayanan BAKP, aturan akademik seperti kehadiran dan penilaian.

Materi di pertemuan kedua tentang Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT). Pada materi ini, mahasiswa dilatih dan ditugaskan untuk melakukan kontrak KRS Online pada perkuliahan semester 1.

Pada pertemuan ketiga, membahas blog mahasiswa yang dibuat melalui http://mahasiswa.ung.ac.id. Setiap mahasiswa bisa langsung membuat blog, menggunakan user yang yang sama dengan user SIAT.

Dalam pertemuan ini mahasiswa wajib membuat blog serta mengisi blognya masing-masing. Dalam pertemuan ke emapt, mahasiswa dilatih menggunakan email resmi mahasiswa UNG yang menggunakan domain nama @mahasiswa.ung.ac.id

“Pelatihan yang diselenggarakan oleh UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNG ini ini dilatih oleh 17 instruktur yang telah berpengalaman melatih mahasiswa setiao tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Salahuddin, penggunaan paltform aplikasi SekolahRakyat dipilih karena, aplikasi ini memiliki fitur -fitur untuk pembelajaran online. Setiap pertemuan, pengajar dapat sharing file materi, forum diskusi dengan peserta pelatihan, sharing video youtube terkait, sharing tautan untuk referensi di internet, tugas online yang berbatas waktu dan dapat diberikan nilai perorangan, kuis online yang juga bisa dinilai oleh instruktur.

Disamping itu, pada aplikasi SekolahRakyat juga tersedia fitur untuk video conference antara instruktur dengan peserta pelatihan, sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh instruktur.

“Aplikasi Sekolah Rakyat sendiri sudah digunakan oleh beberapa sekolah dan lembaga pelatihan sebagai platform untuk pembelajaran daring sejak diluncurkan oleh Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST, M, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2020,” tandasnya. (Inkri/Adv)