4.849 Pendaftar Jalur UTBK-SBMPTN, Berebut 2.724 Kursi di UNG

4.849 Pendaftar Jalur UTBK-SBMPTN, Berebut 2.724 Kursi di UNG

06/04/2021 17:06 0 By Syakir

Hulondalo.id – Tahap pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Negeri Gorontalo (UNG) lewat jalur UTBK-SBMPTN 2021 telah resmi ditutup beberapa hari lalu. Tercatat Calon Mahasiswa yang mendaftar masuk UNG melalui jalur UTBK-SBMPTN mencapai 4.849 pendaftar.

“Pada UTBK-SBMPTN tahun ini ada sebanyak 4.849 Calon Mahasiswa yang telah memilih UNG sebagai Kampus yang dipilih. Mereka akan bersaing memperebutkan 2.724 kursi Mahasiswa Baru yang disediakan UNG melalui jalur UTBK-SBMPTN,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M.Hum, Selasa (6/4/2021).

Tahap persaingan masuk masuk UNG melalui jalur tersebut akan ditentukan melalui proses UTBK yang akan dilaksanakan mulai tanggal 12 April 2021 mendatang.

Dalam ujian nanti, Kata Harto, Calon Mahasiswa Baru di UTBK akan mengukur kemampuan dalam hal kemampuan materi Tes Potensi Skolastik (TPS) serta materi Tes Potensi Akademik (TPA).

“Nilai dari hasil UTBK akan sangat penting bagi Calon Mahasiswa untuk mengikuti SBMTPN nanti. Karena nilai tersebut akan dijadikan patokan penilaian agar bisa lulus pada Program Studi yang diinginkan,” kata Wakil Rektor I UNG itu.

Masih kata Harto, salah satu persiapan yang terus dimatangkan UNG meliputi kesiapan perangkat pelaksanan ujian, yang dilakukan melalui kegiatan penyamaan persepsi teknis pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 dengan melibatkan seluruh perangkat pelaksana ujian.

Agenda penyamaan persepsi dengan melibatkan perangkat pelaksanan ujian, sangat penting dilakukan agar pelaksanaan UTBK-SBMPTN dapat terlaksanan dengan baik.

“Untuk itu, seluruh perangkat pelaksana ujian dapat melaksanakan tugas dengan teliti untuk meminimalisir kesalahan teknis dan administrasi, yang dikhawatirkan berdampak pada keikutsertaan peserta ujian,” harap Harto.

Terpisah, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Zumriyati Muhamad, M.Pd, menambahkan, untuk memfasilitasi peserta dalam mengikuti ujian, UNG telah menyiapkan 23 titik lokasi ujian yang berada di Kampus Induk maupun Kampus Baru UNG Bone Bolango. (mg-01)