4 Gubernur, 26 Kepala Daerah Bakal Hadir di Regional Meeting KEK

4 Gubernur, 26 Kepala Daerah Bakal Hadir di Regional Meeting KEK

03/06/2021 20:42 0 By Maman

Regional Meeting KEK UNG

Hulondalo.id – 4 Gubernur dan 26 Kepala Daerah bakal hadir dalam pelaksanaan Regional Meeting Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang digagas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, kerjasama dengan kampus kerakyatan merah maron, Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Sesuai jadwal, agenda pertama di Teluk Tomini ini, akan digelar 12-13 Juni 2021 mendatang.

Rektor UNG, Dr. Ir. Eduart Wolok, ST,.MT mengatakan, regional meeting ini bertujuan, membangun kesepahaman pemerintah daerah dan stakeholder, terkait pengembangan kawasan ekonomi khusus dan isu-isu strategis lainnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, akan dirangkaikan dengan, Tomini Innovation Expo 2021. Ini kata Rektor, sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat dari desa-desa di Teluk Tomini serta perguruan tinggi.

“Saya berharap Tomini Innovation Expo 2021 dapat memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa, dalam menyelesaikan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan kawasan perdesaan di seputar Teluk Tomini,” harapnya.

“Serta terbangunnya dukungan dan kerjasama dari pemangku kepentingan baik pemerintah, pemerintah daerah dan desa dalam penyelenggaraan Tomini Innovation Expo 2021 di tingkat Kabupaten/Kota, masyarakat, dan lembaga kemasyarakatan maupun pihak swasta,” sambungnya.

Seluruh tim pelaksanaan regional meeting ini juga sudah mempersiapkan semua yang menjadi tujuan dipimpin langsung Rektor. Tim sudah mendatangi seluruh pimpinan daerah yang akan menghadiri kegiatan ini di wilayah Teluk Tomini.

Menariknya, Regional Meeting kawasan teluk tomini dan Maluku Utara ini mengangkat tema yang ditunggu masyarakat desa dalam meningkatkan kesejahteraannya, “Revitalisasi Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi dan Investasi Pedesaan.

Tema tersebut dipilih dengan melihat kondisi, potensi ekonomi di pedesaan di wilayah Teluk Tomini dan Maluku Utara, yang akan dibahas secara kolektif oleh masing-masing daerah.

Dalam penyelenggaraan Tomini Innovation Expo 2021 juga akan menampilkan pameran inovasi desa/bumdes kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara, pameran Inovasi produk dan teknologi UNG, talkshow kemaritiman teluk tomini, hulondalo ethnic, komedi teatrikal, tarian serta bedah buku negara dan politik kesejahteraan, dan BUMN, swasta, kuliner lokal dan lain-lain.

Artinya, semua ini akan membahas tentang peningkatan kesejahteraan dan investasi-investi di pedesaan.

Sesuai rencana pula, 4 Gubernur, 26 Kepala Daerah akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Pengembangan Kawasan pada Regional Meeting nanti.

Regional Meeting Teluk Tomini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dan akan dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dr. (Hc) Abdul Halim Iskandar, M.Pd., Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan RI, Dr. Agung Firman Sampurna, Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, Wakil Ketua DPR RI, Drs. H. Abdul Muhaimin Iskandar., M.Si, Menteri PPN/Bappenas, Soeharso Monoarfa, Mendagri, Tito Karnavian dan Menteri Investasi, Bahlil. (Inkri/Adv)