400 KK Korban Kebakaran Kompleks Pelabuhan Dede Tolitoli Butuh Bantuan

400 KK Korban Kebakaran Kompleks Pelabuhan Dede Tolitoli Butuh Bantuan

03/02/2020 11:39 0 By Maman

Ratusan rumah di kompleks Pelabuhan Dede Tolitoli yang terbakar Minggu malam. (istimewa)

Hulondalo.id – 400 Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran di kompleks Pelabuhan Dede Tolitoli, butuh bantuan. Minggu malam sekitar pukul 22.30 wita, kurang lebih 385 rumah dikompleks hangus terbakar.

Dugaan dan informasi yang diperoleh, api berasal dari lilin disalah satu rumah warga. Pemukiman yang padat, akses jalan yang sempit, menyulitkan upaya pemadaman yang dilakukan 7 unit mobil dari berbagai instansi, seperti Damkar, BPBD, Water Cannon Polres Tolitoli, Tangki Lanal Tolitoli, Damka Bandara Lalos Tolitoli, Tangki Dinas PU dn tangki PDAM.

Selain menghanguskan ratusan rumah, peristiwa ini menelan satu korban jiwa. Korban saat itu kata saksi, sudah selamat, namun kemudian balik ke rumahnya untuk menyelamatkan barang-barangnya. Naas, tiupan angin membuat api cepat membesar. Korban terjebak.

Sejumlah saksi juga mengatakan, api berawal dari salah satu rumah yang ditinggal pemiliknya, lantaran sedang mengolah cengkih dirumah warga lainnya. Tetangga berupaya memadamkan api dengan ember, namun sia-saia.

Kobaran api begitu cepat, warga tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka yang rumahnya terbakar, diketahui berasal dari berbagai daerah, diantara Buol dan Gorontalo. Upaya pemadaman berhasil dilakukan sekitar pukul 03.00 wita.

Pantauan dilapangan, suasana duka terasa dilokasi pasca kejadian Senin (3/2/2020) pagi. Mereka kini butuh bantuan seperti makanan siap saji dan lainnya. Kebakaran itu juga menghanguskan harta benda warga, yang tersisa hanya baju dibadan.

Mereka berharap adanya bantuan dari pemerintah daerah dan pihak lainnya. (Andis)

Kom