445 Warga di 4 Desa di Gorontalo Utara Terima BLT Dana Desa

445 Warga di 4 Desa di Gorontalo Utara Terima BLT Dana Desa

22/05/2020 23:16 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin menyerahkan BLT Dana Desa di 4 desa di Kecamatan Kwandang dan Monano. (foto:hms)

Hulondalo.id – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, kembali diserahkan Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin. Kali ini, penyerahan dilakukan di 4 desa masing-masing, Desa Pontolo, Pontolo Atas, Tididu Kecamatan Kwandang dan Desa Zuriyati Kecamatan Monano.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ungkap Sekda, Jumat (22/5/2020).

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan, BLT yang diserahkannya itu, bersumber dari Dana Desa. Ketentuannya kata Sekda, jika desa memiliki anggaran Rp. 800 juta keatas, maka 30 persen dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Untuk dana desa dibawah Rp. 800 juta, maka 25 persen yang akan dibagikan, dan yang 25 persen itu, Rp. 600 ribu berupa bantuan uang, ada juga untuk pencegahan seperti sabun, masker dan mungkin juga tempat cuci tangan, pemerintah desa diberikan kewenangan untuk mengatur dan semua desa seperti itu,” jelas Sekda.

Warga yang berhak menerima juga kata dia, hasil musyawarah Pemerintah Desa dan BPD disertai verifikasi mana yang memenuhi syarat. Adapun jumlah penerima BLT ini, Desa Pontolo Atas 109 Orang, Pontolo 84 orang, Titidu 163 orang dan Desa Zuriati 89 Orang.

Masih dalam kesempatan itu, Sekda juga menjelaskan bahwa, ada berbagai jenis bantuan yang sudah diserahkan sebelum adanya Covid-19. Diantaranya, Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNT) yang jumlahnya sekitar 8 ribu lebih penerima manfaat atau KK.

“Mungkin diantara bapak ibu ini, tidak ada yang dapat itu, karena memang tidak bisa tumpang tindih,” sambungnya.

Penerima BPNT tersebut kata Sekda, sudah setiap bulan diterimakan sampai dengan akhir tahun. Ada juga bantuan untuk kurang lebih 6 ribu Kepala Keluarga yang ditanggung langsung Dana APBD Provinsi Gorontalo, atau disebut BPNTD Provinsi.

Dan kurang lebih 4 ribu Kepala Keluarga kata dia, masuk BPNTD Gorontalo Utara.

“Jadi, semua masyarakat miskin menerima Sembako dalam bentuk bantuan seperti ini, lebih kurang 19 ribu masyarakat miskin ada di Gorontalo Utara,” tukasnya.

“Saya sebagai Sekretaris Daerah juga merupakan koordinator dalam rangka bantuan atau penyerahan bantuan, baik yang bersumber dari pusat Kemensos, maupun dari Provinsi dan Gorontalo Utara,” tambahnya. (Prin/Adv)