50 IKM Gorontalo Dapat Fasilitas Sertifikat Halal

50 IKM Gorontalo Dapat Fasilitas Sertifikat Halal

19/12/2019 18:45 0 By Alex

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menyerahkan Sertifikat Halal kepada pelaku IKM pada Baksos NKRI Peduli di Desa Luwohu, Kecamatan Botupinggi, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (19/12/2019). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) kembali memberikan fasilitasi sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) bagi 50 produk Industri Kecil dan Menengah (IKM).

“Selamat kepada IKM yang telah menerima Sertifikat Halal dari MUI, semoga dengan sertifikat ini usahanya semakin lancar,” kata Wakil Gubernur Idris Rahim usai menyerahkannya pada Bakti Sosial NKRI Peduli di Desa Luwohu, Kecamatan Botupingge, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (19/12/2019).

Fasilitasi sertifikasi halal ini merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mengembangkan dan mendorong daya saing produk IKM Gorontalo. Idris mengharapkan, dengan sertifikat tersebut produk IKM Gorontalo mampu bersaing di pasar lokal maupun nasional sehingga mampu mendongkrak kesejahteraan para pelaku usaha kecil dan menengah.

“Kita mendorong agar IKM terus tumbuh dan berkembang, serta memiliki daya saing. Dengan sertifikat halal ini diharapkan pemasaran produk-produk IKM Gorontalo bisa bersaing di pasar nasional,” harap Idris.

Dia juga mendorong masyarakat untuk melakukan inovasi dengan menciptakan produk IKM yang bernilai ekonomi tinggi dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Gorontalo.

Sertifikat halal itu secara simbolis diterima oleh 3 IKM yaitu IKM Tilomungo dari Kota Gorontalo dengan produk Gula-Gula Soba, IKM Mis Putungo dari Kabupaten Bone Bolango dengan produk keripik jantung pisang, serta IKM Lamahu juga dari Kabupaten Bone Bolango dengan produk minyak kelapa kampung.

Selain sertifikat halal, Wakil Gubernur Idris Rahim juga menyerahkan bantuan kemasan dari Diskumperindag Provinsi Gorontalo kepada 20 IKM. Total bantuan sertifikasi halal dan kemasan senilai Rp 185 Juta.(adv/alex)