50 Orang Ikuti Pelatihan SAR Jungle Rescue, Ridwan: Sangat Membantu

50 Orang Ikuti Pelatihan SAR Jungle Rescue, Ridwan: Sangat Membantu

14/06/2021 19:06 0 By Maman

Pelatihan SAR Jungle Rescue di Gorontalo Utara

Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin usai membuka Pelatihan SAR Jungle Rescue di Gorontalo Utara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin menilai, Pelatihan Potensi SAR Jungle Rescue oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, akan sangat membantu.

Apalagi kata dia, Gorontalo Utara memiliki kondisi alam yang unik dibandingkan daerah lain.

“Pemerintah daerah bersyukur, dilatihnya 50 tenaga potensi SAR ini akan sangat membantu, jika terjadi bencana, khususnya di Gorontalo Utara,” ungkap Sekda usai membuka kegiatan tersebut di Aula Gerbang Emas, Senin (14/6/2021).

Sekda mengatakan, potensi bencana di Gorontalo Utara, cukup tinggi. Dari 123 desa lanjut Sekda lagi, 78 desa terdapat di wilayah pesisir pantai. Gorontalo Utara juga kata dia, satu-satunya pesisir pantai di Provinsi Gorontalo yang memiliki panjang pantai sekitar 317 kilometer, dan terbentang di seluruh kecamatan.

Bencana kata Sekda lagi, seperti badai, topan, tsunami dapat saja mengancam. Apalagi di Gorontalo Utara merupakan pusaran gempa bumi. Beberapa kecamatan yang ada, karena kondisi alamnya lereng-lereng atau gunung-gunung tanahnya juga labil, sering terjadi bencana.

“Dengan pelatihan ini, jika terjadi bencana pertolongan dapat segera dilakukan,” ujarnya.

“Misalnya tiga bulan terakhir ini, nelayan kita sering hilang, khususnya di Kecamatan Monano dan Sumalata Timur, tiga hari baru dapat ditemukan, itu tidak lain dari peran serta dari SAR, khususnya Basarnas yang berada di garda terdepan,” tandas Sekda (Prin/Adv)