6 Ribu KK di Pohuwato Belum Punya Buku Nikah

6 Ribu KK di Pohuwato Belum Punya Buku Nikah

09/03/2021 12:21 0 By Yadin

Bupati Saipul bersama warga peserta sidang isbat nikah terpadu.

Hulondalo.id – Sedikitnya, ada sekitar 6 ribuan Kepala Keluarga di Kabupaten Pohuwato yang belum memiliki buku nikah. Itu diungkapkan oleh Kepala DP3AP2KB, Rusmiyati Pakaya saat acara pembukaan sidang isbat nikah terpadu melalui j.co (jaringan ecourt), Selasa (9/3/2021).

Rusmiyati menyampaikan, sejak Okober 2020 forum Puspa bekerja sama dengan Pengadilan Agama telah membantu 25 pasang suami istri memiliki buku nikah.

“Waktu itu ada 50 yang mendaftar, tapi yang memenuhi syarat hanya 25 pasang,” jelas Rusmiyati.

Sementara untuk tahun 2021 lanjut Rusmiyati, baru 20 pasang suami istri yang mengikuti sidang isbat nikah lewat jaringan ecourt. “Se-Indonesia, baru Pohuwato yang memakai jaringan e-court,” ungkapnya.

Atas dukungan program isbat nikah itu, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato yang diterima langsung oleh Bupati Saipul Mbuinga.

Penghargaan dari Mahkamah Agung untuk Pemkab Pohuwato.

Bupati pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan sidang isbat nikah.

“Kami melihat upaya ini merangsang masyarakat untuk peduli dengan status pernikahan sehingga bersedia membiayai pendaftaran secara mandiri ini. Sungguh luar biasa,” tutur Bupati. (yadin/adv)