60 Kepsek TK, SD & SMP di Gorontalo Utara Miliki Sertifikat Penguatan

60 Kepsek TK, SD & SMP di Gorontalo Utara Miliki Sertifikat Penguatan

09/01/2020 15:28 0 By Maman

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin menyerahkan Sertifikat Penguatan Kepala Sekolah TK, SD dan SMP se Gorontalo Utara.

Hulondalo.id- 60 Kepala Sekolah TK, SD dan SMP di Gorontalo Utara, resmi memiliki Sertifikat Penguatan. Sertifikat ini diserahkan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Kamis (9/1/2020).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, sertifikat ini bentuk pengakuan terhadap mereka, berhak untuk memimpin sekolah. Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada para kepsek yang menerima sertifikat tersebut.

“Sertifikat ini berarti ada pengakuan bahwa mereka berhak memimpin suatu sekolah,” kata Bupati.

Sebagai seorang pemimpin kata Bupati, kepala sekolah harus mampu menjalankan kepemimpinan disekolah. Kepsek juga kata Bupati, harus mengetahui internal dan eksternal sekolah termasuk kebutuhan guru serta fasilitas yang menjadi kebutuhan sekolah.

“Kepsek juga inovator dan motivator disekolahnya, sekolah yang bergairah itu adalah sekolah yang memiliki inovasi,” kata Bupat di Aula Gerbang Emas Gorontalo Utara.

Inovasi dimaksud misalnya, di bidang tanaman atau taman, agar sekolah itu kelihatan agak lain dari waktu-kewaktu. Begitu juga dengan semboyan Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarso Sung Tulodo (Dari Depan Menjadi Teladan), Ing Madyo Mbangun Karso (Ditengah Memberikan Semangat), dan Tut Wuri Handayani (Dibelakang Memberi Dorongan).

Sebelumnya juga, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Gorontalo Amin Nusi menyampaikan, sertifikat kepala sekolah tersebut akan berpengaruh pada dana BOS.

“Tidak akan diberikan dana BOS, jika kepala sekolah tidak memiliki sertifikat,” ungkapnya.

Amin juga menambahkan, penilaian pengembangan karir kepala sekolah adalah dari sekolah yang bagus ke sekolah yang tidak bagus. (Prin/Adv)