7.500 Kubik Eceng Gondok di Danau Perintis Berhasil Diangkut

7.500 Kubik Eceng Gondok di Danau Perintis Berhasil Diangkut

05/07/2019 22:03 0 By Alex

Proses pembersihan eceng gondok dan gulma di Danau Perintis Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Jumat (5/7/2019)

Hulondalo.id – Sedikitnya 7.500 kubik eceng gondok dan gulma yang tumbuh di Danau Perintis, Desa Huloduotamo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango berhasil diangkut setelah proses pembersihan selama 3 pekan berturut-turut.

“Hasil perhitungan kami sudah 7.500 kubik yang berhasil diangkat dari danau. 5.000 di antaranya sudah dibuang ke tempat pembuangan,” jelas Kadis PUPR Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto saat pembersihan yang dipantau langsung oleh Gubernur Rusli Habibie, Jumat (5/7/2019).

Proses pembersihan ini merupakan tindaklanjuti dari kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Gorontalo, Pemkab Bone Bolango dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo dalam rangka menjaga kelestarian danau buatan tersebut.

Kedepan, pengelolaan danau akan diserahkan ke BWS dengan harapan bisa dikembangkan lebih baik melalui pembiayaan APBN Kementerian PUPR.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama sejumlah pejabat dari Pemprov Gorontalo, Pemkab Bone Bolango dan BWS Sulawesi II Gorontalo memantau proses pembersihan danau Perintis.

“Setelah pembersihan ini selesai maka akan ada penyesuaian aset. Pelaksanaan (revitalisasi) selanjutnya untuk memaksimalkan potensi danau kita usulkan ke BWS,” sambung Handoyo.

Danau yang sudah ada sekitar tahun 1950an ini direncanakan bisa ditingkatkan fungsinya sebagai destinasi wisata, kolam retensi penanggulangan banjir serta untuk perikanan.(usman)