7 Guru Paud asal Gorontalo Utara, Raih IPK 4,0 di Universitas Terbuka

7 Guru Paud asal Gorontalo Utara, Raih IPK 4,0 di Universitas Terbuka

24/03/2021 20:15 0 By Syakir

Direktur Universitas Terbuka Gorontalo, Andi Suci Andi bersama Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara Irwan Usman, usai pertemuan, Rabu (24/3/2021).

Hulondalo.id – Nilai tinggi di bangku perkuliahan, tidak hanya milik yang baru lulus sekolah atau fresh graduate. Mahasiswa dari kalangan pegawai atau karyawan pun, bisa menoreh prestasi serupa di Universitas Terbuka. Seperti yang capai 7 guru PAUD asal Gorontalo Utara.

“Jadi bukan dari anak SMA yang langsung selesai dapat melanjutkan ke S1, tapi mereka itu yang sudah berumur, berkeluarga dan sudah ada tugas-tugas yang lain, bekerja, tapi ternyata dapat Nilai yang bagus,” ungkap Direktur Universitas Terbuka (UT), Andi Suci Anita, usai melakukan silaturahim dengan Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Rabu (24/3/2021).

Suci mengatakan, UT memiliki kerja sama dengan Dinas Pendidikan kabupaten Gorontalo Utara dan menghasilkan dua kelas mahasiswa beasiswa dari dinas.

Hasilnya, dari 48 mahasiswa Guru PAUD saat ini yang sedang kuliah di UT, ada 7 diantaranya berhasil meraih nilai IPK 4,0 selebihnya 3 koma sekian.

Ini menunjukkan bahwa bagus tidaknya nilai yang diraih mahasiswa, ditentukan oleh motivasi mahasiswa itu sendiri untuk belajar dan meraih nilai terbaik.

“Ada beberapa klinik belajar yang kita lakukan untuk pendampingan ke mahasiswa untuk bisa belajar dengan tidak mengesampingkan tugas utamanya mungkin sebagai PNS atau karyawan, tapi tetap bisa belajar,” ujarnya

“Ada trik memang yang khusus dan tidak sama dengan universitas lain untuk mahasiswa UT. seperti inilah mereka perlu kita ekspos, karena ternyata dengan kendala bahwa kita itu punya tugas utama, tapi tetap bisa dapat nilai bagus,” sambungnya

Direktur UT, AS Anita, juga berharap satu kelas beasiswa yang sudah di janjikan Kepala Dinas Pendidikan, untuk semester ini dapat terwujud.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Usman mengatakan, pengembangan sumber daya manusia di Gorontalo Utara, memperhatikan semua jenjang pendidikan, mulai dari TK, PAUD, SD dan SMP.

“Mereka sudah berada pada tataran sebagai penyelenggara pendidikan, inilah yang kita upayakan, agar kualifikasi pendidikan itu akan setara di semua jenjang penyelenggara pendidikan,” ujar Irwan

Khusus untuk tenaga pendidik kata Irwan, pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara, mengalokasikan anggaran untuk bantuan studi.

Namun supaya bantuan itu terikat secara terstruktur, maka akan diikat dengan sebuah bentuk perjanjian secara kelembagaan baik antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi salah satunya Universitas

Irwan, menambahkan tahun 2021 ini, untuk peningkatan kualifikasi pendidikan, Dinas Pendidikan Gorontalo Utara akan mengembangkan lagi kerja sama dengan Universitas Terbuka, satu kelas khusus untuk Guru Sekolah Dasar atau PGSD.

“Kalau sebelum untuk pendidikan Guru PAUD, tahun ini untuk Guru Sekolah Dasar dan itu full mulai dari SMA sampai S1, targetnya sementara 50 orang,” tandas Irwan. (prin)