Abdimas UT, Dorong Peningkatan BUMDes dan UMKM di Dulamayo

Abdimas UT, Dorong Peningkatan BUMDes dan UMKM di Dulamayo

03/11/2021 20:59 0 By Syakir

Pembukaan kegiatan PkM Dosen di Lokasi Mitra oleh Ketua PkM Yasir M. Pidu, SE., MM.

Hulondalo.id – Sebagai wujud implementasi tri dharma perguruan tinggi, Universitas Terbuka (UT) Gorontalo menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Kali ini Desa Dulamayo, Kabupaten Gorontalo yang dipilih menjadi lokasi PkM.

Dalam PkM ini, UT Gorontalo memberikan pendampingan guna mendorong perbaikan tatakelola BUMDes di Desa Dulamayo.

Sejumlah pelatihan digeber, untuk memberikan penguatan serta membangun sinergitas BUMdes baik dari sisi organisasi utamanya pengembangan potensi bisnis kedepan.

Untuk kegiatan PkM Dosen, dilakukan dengan cara menyisir mitra UMKM. Tema kegiatannya, “Peningkatan Kualitas Produk (Merek, Kemasan, dan Layanan) pada Usaha Oci Bakar dan Goreng” yang diketuai oleh Yasir M. Pidu, SE., MM.

Untuk PkM Dosen sendiri, sebelumnya rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak Oktober 2021 bertempat dilokasi mitra Dapur Embo.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan kualitas produk yang terdiri dari: pengembangan logo produk, pengembangan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan mitra, peningkatan pengetahuan dalam pembuatan konten dan layanan promosi online.

Dalam mencapain tujuan tersebut maka pada kegiatan PkM Dosen tersebut telah dilakukan dua kegiatan pelatihan yaitu: 1) Pelatihan pemanfaatan media sosial (Facebook & Isntagram) sebagai layanan promosi online, dan 2) Pelatihan pembuatan konten promosi menggunakan Canvas.

Narasumber pada pelatihan tersebut merupakan Dosen-Dosen dari Universitas Terbuka yang berkompeten pada bidangnya masing–masing.

Harapannya setelah kegiatan PkM ini para mitra dapat lebih mandiri dan dapat mengembangkan usaha yang telah dijalankan. (adv)