AC Korslet, Rumah di Hunggaluwa Terbakar

AC Korslet, Rumah di Hunggaluwa Terbakar

17/03/2019 21:30 0 By Alex

kebakaran gorontalo

Petugas pemadam kebakaran saat mencoba memadamkan api yang bersumber dari pendingin ruangan atau AC di rumah milik Yosis Ruung di Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Hulondalo.id – Peristiwa kebakaran terjadi lagi di Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Ahad (17/3/2019).

Kebakaran kali ini terjadi di rumah milik Yosis Ruung (49). Meski beruntung tak ada korban jiwa, namun kerugian akibat peristiwa tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Iya benar terjadi kebakaran di jalan A Otoluwa, Kelurahan Hunggaluwa. Begitu mendapatkan informasi, kami langsung menuju TKK (Tempat Kejadian Kebakaran) dengan time respon 2 menit,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku melalui Kepala UPTB Damkar, Farid Taha.

Peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 17.59 Wita. Saat itu, salah seorang warga, Zulkifli Tongkodu, melihat ada kepulan asap yang keluar dari kamar rumah milik Yosis Ruung. Sontak Zulkifli langsung berteriak histeris meminta pertolongan warga.

Ternyata kepulan asap tersebut berasal dari pendingin ruangan atau AC yang terletak di dalam kamar. Yosis Ruung pun bersama sejumlah warga sekitar langsung memadamkan dengan alat seadanya. Tak lama kemudian, 3 mobil pemadam kebakaran (Damkar) sudah tiba di lokasi untuk memadamkan sekaligus mendinginkan titik sumber api.

“Berkat kesigapan petugas, rumah tersebut berhasil diselamatkan sehingga tidak merembet ke beberapa rumah lainnya. Memang ada beberapa barang-barang yang terbakar, termasuk ijazah milik Jessy Ruung (anak Yosis Ruung),” kata Farid Taha.

kebakaran gorontalo

Sejumlah barang-barang milik keluarga Yosis Ruung (49) yang diselamatkan saat insiden kebakaran di rumahnya di Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Dari hasil investigasi tim Damkar, sumber api diduga berasal dari kabel yang mengarah ke jalur AC. “Saat diperiksa petugas kami, kabel yang berada di bagian atap tersebut sebenarnya sudah seharusnya diganti,” tambah Farid.

Setelah berhasil memadamkan api, anggota Damkar pun kembali mensosialisasikan tentang pencegahan dini kebakaran sekaligus menginformasikan nomor piket damkar 1×24 jam kepada masyarakat.(alex)