Ada 11 Pejabat, Siapa yang Layak jadi Sekda Pohuwato?

Ada 11 Pejabat, Siapa yang Layak jadi Sekda Pohuwato?

27/02/2020 16:30 0 By Yadin

Ilustrasi (anwart/hl)

Hulondalo.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato, Djoni Nento akan pensiun 1 Juni 2020. Dengan begitu, kursi sekda akan kosong.

Untuk pengisian kursi sekda, Pemerintah Kabupaten Pohuwato akan mengawali dengan membentuk panitia seleksi (Pansel) yang rencananya segera dilaksanakan. Hal ini disampaikan oleh Kepala BKPP Pohuwato melalui Kabid Pendayagunaan Aparatur, Lukman Husain.

Kata Lukman, prosedur pengisian jabatan sekda diawali dari pembentukan Pansel yang kemudian dilanjutkan dengan rapat persiapan menyusun administrasi persyaratan sekaligus jadwalnya.

“Setelah itu, mengajukan permohonan ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi pelaksanaan seleksi. Setelah itu, mengajukan lagi permohonan untuk seleksi terbuka sekda ke Mendagri,” jelas Lukman saat dikonfirmasi awak media, Rabu (26/2/2020).

Sementara itu, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah ada 7 syaratnya, 2 diantaranya adalah memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV, serta memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 tahun.

Penelusuran awak media, ada 11 pejabat di lingkungan Pemkab Pohuwato yang berpeluang mengisi jabatan sekda. Selain latar belakang pendidikan mereka yang sudah S1, juga pengalaman mereka menjabat pimpinan OPD sudah lebih dari 5 tahun. (yadin/adv)

Sebelas pejabat tersebut adalah;
1. Fitriani H. Lasantu
2. Iskandar Datau
3. Mahyudin Ahmad
4. Mohamad Laisa
5. Rusmiyati Pakaya
6. Achmad Djuuna
7. Trizal Entengo
8. Ramon Abdjul
9. Bahari Gobel
10. Yusuf Potale
11. Yunus Mohamad