Ada Edaran LKPP Soal Kemudahan Pengadaan Barang/Jasa Imbas Corona

Ada Edaran LKPP Soal Kemudahan Pengadaan Barang/Jasa Imbas Corona

24/03/2020 17:18 0 By Alex

Hulondalo.id – Lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI menerbitkan edaran baru pelaksanaan pengadaan barang dan jasa (PBJ) dalam rangka penanganan Covid-19 atau virus corona.

Edaran LKPP tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 yang diterbitkan tertanggal Senin (23/3/2020). Terdapat permintaan Penunjukan Langsung (PL) hingga swakelola.

Dalam edaran tersebut, LKPP menginstruksikan agar Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) segera menetapkan kebutuhan barang/jasa dalam rangka penanganan darurat penanganan Covid-19, dan memerintahkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk melaksanakan pengadaan barang/jasa.

Dalam huruf E poin 3, PPK diminta segera menunjuk penyedia yang antara lain pernah menyediakan barang/jasa sejenis di instansi pemerinta. Penunjukan Penyedia dilakukan walaupun harga perkiraan belum dapat ditentukan.

Selanjutnya pada poin 4, pengadaan barang dan jasa untuk penanganan darurat virus corona, dapat dilaksanakan dengan swakelola.

Berikut penjelasan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 (download PDF).

(alex)