Ada Kecelakaan atau Kejahatan? Segera Telepon Polisi di 110

Ada Kecelakaan atau Kejahatan? Segera Telepon Polisi di 110

27/05/2021 12:18 0 By Alex

 

Polda Gorontalo

Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono

Hulondalo.id – Dalam rangka lebih cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat, Polri bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk melaksanakan layanan telepon (Contact Center) 110.

Layanan Contact Center 110 Polri ditujukan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan keamanan publik.

Dalam penyelenggaraan layanan contact center, telah disiapkan sebuah sistem aplikasi yang dapat memungkinkan pencatatan/perekaman setiap interaksi Polri dan masyarakat sehingga dimungkinkan pengendalian respon kebutuhan masyarakat terhadap Polri.

Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono menjelaskan, layanan 110 merupakan layanan kepolisian yang sudah diluncurkan oleh Kapolri dan diikuti oleh seluruh jajaran Polda lainnya secara virtual.

Masyarakat yang nantinya melakukan panggilan ke nomor akses 110 akan langsung terhubung ke agen yang akan memberikan layanan berupa informasi, pelaporan (kecelakaan, bencana, kerusuhan, dll) dan pengaduan (penghinaan, ancaman, kejahatan, tindak kekerasan dll).

“Masyarakat bisa menggunakan layanan Contact Center 110 secara gratis. Namun demikian, setiap masyarakat yang menggunakan layanan tersebut keberadaannya termonitor di sistem aplikasi, sehingga jika ada yang iseng atau main-main, maka akan diketahui keberadaannya,” kata Wahyu.

Pelayanan telepon dari masyarakat akan tersambung atau diangkat oleh petugas piket polisi pada polres terdekat. Jika Polres tidak mengangkat panggilan telepon, maka sambungan telepon akan masuk di Polda. Dan kalau Polda tidak mengangkat, telepon ini akan tersambung ke Mabes Polri.

Diluncurkannya hotline dengan nomor tunggal berskala nasional itu, lanjut Wahyu, diharapkan bisa dengan mudah dan cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat dari kepolisian.

“Hotline nomor layanan polisi 110 merupakan upaya untuk mempermudah akses masyarakat dan mempercepat respon Polri ketika dibutuhkan masyarakat, yang diharapkan ke depan masyarakat mendapat pelayanan Polri yang lebih lebih cepat,” kata mantan Kapolres Bone Bolango itu.

“Untuk fasilitas pendukung di Polda Gorontalo saat ini adalah HT yang ada di satker Polres dan juga aplikasi Polisiku yang bisa mendeteksi keberadaan anggota itu sendiri,” tandas dia.(rls/Alex)