Adipura & Inovasi Dibidang Lingkungan Hidup, Boltim Belajar di Kabupaten Gorontalo

13/11/2019 21:09 0 By Maman

Dinas Lingkungan Hidup Boltim saat berkunjung ke kantor Dinas LH dan SDA Kabupaten Gorontalo. (istimewa)

Hulondalo.id- Perolehan Adipura dan sederet inovasi dari Dinas Lingkungan dan SDA Hidup Kabupaten Gorontalo, menjadi alasan kehadiran Dinas Lingkungan Hidup Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan studi komparatif di daerah ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boltim Sukri Tawil mengataan, Kabupaten Gorontalo dipilih karena dianggap memiliki segudang Inovasi yang cocok diterapkan di Bolaang Mongondow Timur.

“Kami melihat bahwa, DLH Kabupaten Gorontalo punya banyak program diantaranya mengenai pengelolaan sampah,” ujar Sukri.

Selain itu lanjut Sukri, meski berbeda provinsi, Kabupaten Gorontalo merupakan kakak dari Kabupaten Boltim. Sehingga tidaklah heran apabila studi banding dilakukan di daerah ini.

“Selain programnya cocok, secara emosional dua kabupaten ini punya keterikatan emosional yang kuat,” kata Sukri seraya tersenyum.

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan SDA Kabupaten Gorontalo Syaiful Kiraman mengaku, sangat mengapresiasi studi komparatif yang dilakukan DLH Boltim.

“Boltim merupakan salah satu kabupaten termuda, kami berharap, studi komparatif ini bisa saling bertukar ide dan gagasan,” tukas Syaiful.

Dihari kedua agenda tersebut, selain berdiskusi di kantor DLH dan SDA Kabupaten Gorontalo, rombongan stuban Boltim, selanjutnya menuju TPA Talumelito. (Ika)