Ahli Kesehatan Lingkungan se Indonesia Timur Kumpul di Pohuwato, Bahas Pengelolaan Limbah

Ahli Kesehatan Lingkungan se Indonesia Timur Kumpul di Pohuwato, Bahas Pengelolaan Limbah

29/03/2019 21:31 1 By Yadin

Temu akbar HAKLI dan IAKLI di Pantai Pohon Cinta, Jumat (29/3/2019). (foto.yadin)

Hulondalo.id – Seminar Nasional dan Temu Akbar Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) dan Ikatan Alumni Kesehatan Lingkungan (IAKLI) se Indonesia Timur berlangsung Jumat (29/3/2019) malam ini di Pantai Pohon Cinta.

Kegiatan yang mengambil tema Kita Wujudkan Pengelolaan Limbah Medis Rumah Sakit dan Puskesmas yang Memenuhi Standar itu, dihadiri oleh dr. Imran Agus Nurali selaku Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, Prof. Dr. Arif Sumantri sebagai Ketua Kolegium PP Hakli Guru Besar Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Bupati Syarif Mbuinga, Bupati Nelson Pomalingo, perwakilan kepala daerah se Provinsi Gorontalo serta pengurus Hakli dan Iakli.

Bupati Syarif dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang hadir di Bumi Panua. “Kami ucapkan selamat datang di Bumi Panua di Pantai Pohon Cinta,” ucap Syarif.

Syarif kemudian mengatakan, limbah adalah masalah yang serius. Dan sebagai bentuk perhatian pemerintah, 6 bulan yang lalu telah dicanangkan Pohuwato Tanpa Plastik oleh Bupati Syarif, salah satu caranya adalah menyediakan air minum bukan kemasan plastik disetiap kegiatan pemerintah. “Saya minta maaf, karena kami sudah tidak lagi menyediakan air minum dalam bentuk plastik. Kami sudah memulai 6 bulan yang lalu dan saat ini kami masih konsisten,” tutur Syarif.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog yang membahas masalah limbah. (dhin)