Aksi Bersih Bersih Mahasiswa UNG dan UMGo di Pantai Patoameme 

Aksi Bersih Bersih Mahasiswa UNG dan UMGo di Pantai Patoameme 

15/10/2021 11:11 0 By Syakir

Mahasiswa KKN UNG dan KKD UMGo Desa Patoameme melakukan pembersihan disekitar pesisir pantai.

Hulondalo.id – Demi menjaga kelestarian lingkungan, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Gorontalo (KKN UNG) bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah Universitas Muhammadiyah Gorontalo (KKD UMGo) Desa Patoameme mengelar program pemeliharaan pantai.

Kegiatan itu, dirangkaikan dengan penanaman pohon oleh sejumlah mahasiswa KKN UNG dan KKD UMGo bersama pemerintah desa dan berapa masyarakat di Pantai Dermaga Cinta, Desa Patoameme, Kecamatan Botumoito, Boalemo, Jum’at (15/10/2021).

Kepada hulondalo.id, Koordinator Desa (Kordes) KKN UNG Desa Patoameme, Jefri N Isa, mengatakan kegiatan pemeliharan pantai itu dilakukan dengan maksud untuk menjaga kebersihan pantai Dermaga Cinta. Apalagi kata Jefri, pantai tersebut merupakan akses menuju Wisata Pulo Cinta yang harus dijaga keindahaannya.

“Bersih-bersih pesisir pantai ini, bertujuan untuk menjaga kebersihan pantai dari kotoran dan sampah. Mengingat juga dermaga cinta merupakan akses menuju pulo cinta, sehingga kurang menarik apabila akses yang munuju wisata itu terdapat sampah-sampah yang berserahkan,” ungkapnya selaku juga aktivis mahasiswa itu.

Selain itu, kata ijep sapaan akrabnya, para mahaiswa juga melakukan penanaman pohon disekitar Taman Dermaga Cinta yang langsung dikomandai oleh kepala Desa Patoameme, Jony Pasisingi, bersama masyarakat dusun IV Milango.

Disisi lain, Kepala Desa Pataomeme, Jony Pasisingi, menjelaskan bahwa Dermaga Cinta merupakan pintu gerbang masuknya para wisatawan menuju ke wisata yang terkenal di kabupaten Boalemo bahkan Indonesia yaitu Pulo Cinta.

Sehingganya, dirinya mengajak pemerintah desa dan masyarakat berkolaborasi dengan mahasiswa untuk menjaga kearsian tempat tersebut.

“Dengan program kolaborasi ini, para wisatawan yang akan menuju ke pulo cinta tidak akan jenuh karena ada melihat tempat-tempat berteduh dan pada kemudian hari bisa juga menyerap air agar jangan sampai terjadi banjir atau bencana lainnya. Apalagi para wisatawan yang datang dari lokal maupun mancanegara,” tuturnya.

Ayahanda Jony sapaan akrab masyarakat Gorontalo kepada seorang kepala desa, mengharapkan agar warga disekitar lingkungan Dermaga Cinta untuk menjaga pohon yang sudah ditanam serta kebersihan lingkungan dipesisir pantai.

“Saya meminta kepada masyarakat disekitar lingkungan ini, untuk menjaga pohon yang kita tanam agar tumbuh dengan baik, bahkan kemudian hari hasilnya untuk masyarakat juga. Saya juga melakukan penekanan kepada masyarakat agar bisa menjaga kebesihan lingkungan, terutama dipesisir pantai. Kita harus cintai pantai kita, kerena ini milik kita,” pungkas Kepala Desa, Jony Pasisingi. (Rifal)