Aksi Bom Ikan di Atinggola, Dir Polairud: Terbukti Melanggar, Proses Hukum

Aksi Bom Ikan di Atinggola, Dir Polairud: Terbukti Melanggar, Proses Hukum

21/01/2021 10:18 0 By Maman

Kombes Pol Saiful Alam SIK, SH, MH

Direktur Polairud Polda Gorontalo, Kombes Pol Saiful Alam, SIK, SH, MH.

Hulondalo.id – Laporan masyarakat melalui media sosial tentang dugaan aksi bom ikan di perairan Atinggola Gorontalo Utara, ditindak lanjuti Dit. Polairud Polda Gorontalo. Direktur Polairud Polda Gorontalo, Kombes Pol Saiful Alam, SH,SIK,MH mengatakan, jika terbukti melanggar, maka akan diproses hukum.

Sebelumnya, warga Desa Imana Atinggola Isman Todano saat dihubungi hulondalo.id, mengakui postingannya di media sosial tentang aksi sejumlah nelayan yang diduga melakukan pengeboman ikan, Rabu (20/1/2021).

Dalam postingan tersebut, Isman menulis jumlah perahu, warna dan jumlah setiap orang yang ada di  perahu itu. Dia siap bertanggung jawab atas postingannya, karena kejadian itu dilihatnya langsung, dan ini sudah berulang-ulang kali terjadi.

“Saya berharap, pejabat yang berwenang supaya di tindak lanjuti, beri sanksi yang seberat-beratnya,” kata Isman.

Sementara itu, Dirpolairud Polda Gorontalo Kombes Pol Saiful Alam, SH,SIK,MH, saat dihubungi hulondalo.id mengatakan, anggota telah diperintahkannya Kamis (21/1/2021) pagi, untuk mengecek hal itu.

“Terima kasih atas postingan itu, sehingga kami bisa cepat melakukan tindakan, saya memerintahkan anggota saya tadi pagi untuk menghubungi orang yang memberikan informasi, siap melakukan pemantauan dan apabila memungkinkan dilakukan tindakan kepolisian, sehingga situasi bisa kondusif,” ungkap Alam.

“Kita harus menjaga, khususnya Gorontalo dilokasi Imana, agar nelayan bisa melaksanakan aktivitas, dan yang melanggar akan dilakukan proses hukum,” sambungnya.

Alam juga menjelaskan, akan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam memberikan himbauan kepada masyarakat, dan melakukan antisipasi agar masyarakat bisa memanfaatkan komoditi yang ada dilaut, tidak dengan cara yang melanggar hukum.

Sebelumnya juga, Komandan Pos Polair Imana Kecamatan Atinggola, Bripka Irvan Pakaya saat dihubungi mengatakan, jika melihat kejadian seperti tu, segera melapor ke Pos Polair Imana.

“Kalau ada yang dicurigai tolong dilapor, kami segera tindak lanjuti,” tukasnya.

Irvan juga menjelaskan, Polair sangat mengatensi permasalahan bom ikan ini. Dan sudah dibuktikan tahun 2019 kemarin, saat menangkap di wilayah pasir putih, dan kini dalam penanganan dari Gakum. (Prin)