Aktivitas Mengumpulkan Massa Dilarang, Begini Instruksi Gubernur Gorontalo

Aktivitas Mengumpulkan Massa Dilarang, Begini Instruksi Gubernur Gorontalo

01/10/2020 20:11 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kembali mengeluarkan instruksi yang ditujukan kepada bupati walikota se-Provinsi Gorontalo. Isinya, masyarakat Gorontalo tidak diizinkan menggelar aktivitas yang mengumpulkan massa.

Tembusan instruksi Gubernur Gorontalo Nomor 180/HUKUM-ORG/1164/X/2020 tersebut juga disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri dan berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2020.

“Untuk sementara waktu tidak mengizinkan masyarakat melaksanakan kegiatan termasuk hajatan, pesta, resepsi keluarga dan lain-lain. Pertemuan sosial, budaya dan keagamaan dalam bentuk seminar, lokakarya dan kegiatan lain yang sejenis. Kegiatan konser musik, festival, pameran, kegiatan olahraga, kesenian dan jasa hiburan yang sifatnya berkumpulnya massa,” bunyi poin pertama instruksi Gubernur Gorontalo itu.

Selanjutnya pada poin kedua instruksi Gubernur Gorontalo tersebut menyatakan, apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, maka harus dilaksanakan dengan izin kepolisian atas rekomendasi Kesbangpol dan Gugus Tugas Covid-19 sesuai kewenangan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian pada poin ketiga, masyarakat Gorontalo diminta tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Bupati dan walikota diminta untuk melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, LSM pemuda dan mahasiswa untuk mensosialisasikan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat,” bunyi poin berikutnya.

(adv/alex)