Aktivitas Tambang Emas Resahkan Warga Desa Ilangata & Ibarat

Aktivitas Tambang Emas Resahkan Warga Desa Ilangata & Ibarat

13/07/2021 13:58 0 By Maman

Aduan Aktivitas Tambang Emas DPRD Gorontalo Utara

DPRD Gorontalo Utara menerima aduan masyarakat Desa Ilangata dan Desa Iabarat tentang aktivitas tambang emas.(foto:prin)

Hulondalo.id – Aktivitas pertambangan emas di Desa Datahu,membuat warga Desa Ilangata dan Desa Ibarat, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara resah.

Selasa (13/7/2021), sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Gorontalo Utara menyampaikan kondisi tersebut.

Menurut warga, aktivitas pertambangan tersebut diduga merusak lingkungan diantaranya air sungai yang tak layak digunakan warga terutama untuk mengairi areal persawahan. Kedatangan di DPRD kata warga, meminta petunjuk penyelesaian terkait persoalan tersebut. Dikhawatirkan, akan menimbulkan gesekan antara warga.

Kepala Dusun Ibarat, Saiful Buni, mengakui air yang ada sudah tidak layak. Bahkan ada beberapa warga yang sudah gatal-gatal (penyakit kulit).

“Tahun 87 memang sudah ada tambang, dan parahnya itu sudah sejak tahun 2014 sampai sekarang,” ujarnya.

Anggota DPRD Gorontalo Utara, Martan Lasunte, mengatakan Komisi I dan II akan mengundang dinas terkait untuk menindaklanjuti persoalan tersebut.

Matran juga menyarankan, agar warga menyampaikan hal ini ke Bupati dan Wabup Gorontalo Utara. Matran juga berharap, masyarakat tetap bersabar dan menahan diri, karena setiap aduan, ada proses yang harus dijalani. (Prin/Adv)