Akui Minim Anggaran, Kontainer Sampah di Halut Terpaksa Berbahan Kayu

Akui Minim Anggaran, Kontainer Sampah di Halut Terpaksa Berbahan Kayu

08/09/2020 10:40 0 By Maman

Kadis DLH Halut, Samud Taha.

Hulondalo.id – Kontainer sampah atau TPS (Tempat Pembuangan Sampah) dibeberapa titik di Kota Tobelo, berbahan kayu alias papan. Alasannya, anggaran bidang persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Halmahera Utara, minim.

Kepada awak media Senin (7/9/2020), Kepala DLH Halmahera Utara, Samud Taha mengaku, tahun 2020, tidak ada anggaran untuk pengadaan TPS permanen/kontainer. Namun kata dia, agar sampah dalam kota tidak berserakan, terpaksa dibuat TPS sementara yang berbahan kayu yang sifatnya juga, sementara.

“Pengadaan di tahun sebelumnya memang ada, tapi tahun ini, anggaran DLH banyak yang dipending, termasuk anggaran pengadaan kontainer sampah”, ungkapnya.

Selain dari DLH Halut, pengadaan 8 unit kontainer sampah berbahan kayu ini kata dia, juga bantuan dari beberapa OPD, untuk ditempatkan dibeberapa titik dalam Kota Tobelo.

“Sesuai arahan Asisten II, maka kami pihak DLH dibantukan beberapa OPD, seperti Bappeda, Dinas Perdagangan, Satpol, Disnaker, dan Dishub masing-masing 1 unit, kemudian DLH 1 unit, dan Dinas PU 2 unit,” tuturnya.

Untuk menjaga Kota Tobelo tetap bersih, maka sementara ini penempatan 8 unit diprioritaskan didalam Kota Tobelo yakni, jalan TPI, jalan Golden dan jalan PLN Desa Wosia, Desa Sadada, dan Desa Tanjung Niara masing-masing 1 unit. 2 unit lagi di depan dan belakang pasar. (AT)