Alasan MA Tolak Gugatan Zainudin terhadap Nelson Pomalingo

10/11/2019 20:51 0 By admin

Kuasa hukum Nelson Pomalingo, saat memberikan keterangan pers, Minggu (10/11/2019), di Pendopo Rudis Bupati Gorontalo,.

Hulondalo.id – Gugatan Zainudin Hasan (ZH) terhadap Nelson Pomalingo terkait soal dana kampanye pilkada 2010 yang sudah tingkat kasasi, akhirnya ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Hal ini senada dengan putusan sebelumnya di tingkat Pengadilan tinggi.

Dalam konfrensi persnya, Minggu (10/11/2019), Ketua tim kuasa hukum Nelson Pomalingo yang diwakili Ismail Pelu mengatakan, gugatan yang diajukan Zainudin Hasan 2018 silam itu, awalnya dimenangkan penggugat di Pengadilan Negeri Limboto.

Namun setelah itu, pihaknya mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi, dan kali ini gugatan tersebut ditolak. Tidak puas, akhirnya penggugat mengajukan kasasi, namun lagi lagi hakim memutuskan untuk menolaknya. “berdasarkan surat keputusan perkara MA Nomor 1550/K/Pdt/2019, kasus ini sudah incracht dan berkekuatan hukum tetap,” ungkap Ismail Pelu.

Ismail Pelu pun mengungkap alasan hakim menolak gugatan Zainudin Hasan soal dana kampanye senilai Rp 13 milyar lebih itu. Ternyata dalam persidangan terungkap, kendati dana tersebut untuk pemenangan pasangan Nelson Pomalingo – Fadli Hasan (Nafas) di Pilkada 2010, tapi tak satupun kwitansi pembayaran pengeluaran yang ditanda tangani Nelson.

Bahkan, dalam persidangan itu juga terungkap, selama kampanye berlangsung kalau dana kampanye tersebut mengalir ke Fadli Hasan yang notabene adalah putra kandung Zainudin Hasan.

Kendati demikian kata Ismail, apapun itu putusan MA sudah berkekuatan hukum tetap, walaupun nanti pihak penggugat masih akan menempuh upaya hukum peninjauan kembali. (ikha)