Aman Berkhasiat, BPOM Resmi Umumkan Izin Pakai Darurat Vaksin Sinovac

Aman Berkhasiat, BPOM Resmi Umumkan Izin Pakai Darurat Vaksin Sinovac

11/01/2021 17:42 0 By Alex

BPOM Vaksin Sinovac

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menjemput vaksin Covid-19 Sinovac di bandara Djalaluddin Gorontalo. (f. dok humas).

Hulondalo.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya menyatakan bahwa vaksin Covid-19 Sinovac telah lulus uji coba tahap III di Bandung dan telah memenuhi standar keamanan WHO.

Hal itu diumumkan langsung oleh Kepala BPOM RI Penny K Lukito pada konferensi pers secara virtual tentang pengumuman pemberian izin penggunaan darurat vaksin (Emergency Use Authorization/EUA), Senin (11/1/2021).

“Hasil evaluasi terhadap data pendukung keamanan yang diperoleh dari studi klinis fase ketiga di Indonesia, Brazil dan Turki secara keseluruhan aman dengan kejadian efek samping ringan dan sedang,” kata Penny, dikutip dari kompas.com.

Efek sampingnya di antaranya nyeri, iritasi hingga pembengkakan yang tidak berbahaya dan akan pulih pada keesokan harinya setelah disuntik vaksin.

Kemudian, vaksin sinovac sudah mampu membentuk antibodi di dalam tubuh berdasarkan hasil evaluasi khasiat. Antibodi tersebut dilihat sudah mampu membunuh serta menetralkan virus corona dalam tubuh.

Selanjutnya diperoleh presentase 65,3% dari sisi efikasi vaksin. Sebelumnya, sesuai persyaratan WHO, efikasi minimal sebesar 50%.

“Ini menunjukkan harapan bahwa vaksin Sinovac mampu menurunkan kejadian infeksi hingga 65,3%,” lanjut Penny.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 akan dimulai serentak pada Rabu (13/1/2021). Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin sinovac.

Sementara di daerah, para kepala daerah pun diminta untuk menjadi yang pertama divaksinasi, yakni masing-masing Gubernur, Bupati dan Walikota.(Alex)