ANBK untuk SD dan SMP, Sherman Moridu: Sekarang Semua Full Online 

ANBK untuk SD dan SMP, Sherman Moridu: Sekarang Semua Full Online 

17/03/2021 18:44 0 By Syakir

Hulondalo.id – Ujian akhir sekolah tidak lagi menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK, tapi sudah menjadi Asassment Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pemda Boalemo sendiri, mulai menggelar Bimtek untuk menyiapkan proktornya.

“Kebijakan ini telah berubah, dulu kita kenal dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan sekarang sudah Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Perbedaanya, kalau UNBK itu masih semi online, sedangkan ANBK sudah full online,” ungkap Sekertaris Daerah Boalemo, Sherman Moridu, Bimtek Proktor ANBK SD dan SMP Kabupaten Boalemo, Rabu (17/3/2021).

Kata Sherman, agar para Proktor untuk mengikuti dengan maksimal bimbingan ini agar memberi dampak baik bagi anak didik nanti saat mengikuti ANKB, sebab kompetensi proktor merupakan kunci teknis untuk mensukseskannya.

“Kita berharap anak didik tidak dirugikan dalam kebijakn-kebijkan yang berubah. Intinya adalah kita memberikan pelayanan terbaik terhadap anak didik ini, sebagai aset kita nanti, dan merekapun diantarkan bisa berhasil mengikuti ANBK,” pinta Pangalima ASN Boalemo ini.

Selain itu, Sherman menyampaikan, Merdeka Belajar merupakan sebuah kebijakan besar dalam melakukan tranformasi untuk mewujudkan pendidikan di Indonesia.

“Saat ini kita berada di abad 21, dimana ada revolusi industri 4.0. Sehingga kita harus menyesuaikan dengan kondisi ini, dimana para anak didik yang kita uji dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter dengan lingkungan belajar. Dan ini sebagai bentuk mendorong mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik,” terangnya.

Terkahir, ANBK yang dilaksanakan ditengah pandemi covid-19 ini, Sherman berharap para Proktor bisa memiliki kepekaan dan kepedulian.

“para proktor dan tenaga pendidik harus lebih tangguh untuk memotivasi anak didik yang berbagai latar belakang dan permsalahan. Sebab mereka merupakan aset kedepan untuk membangun Boalemo,” tandasnya. (Mg-03/Adv).