Anggaran Dinas Peternakan Gorontalo Utara, Lebih Besar untuk TKD Ketimbang Pengadaan Sapi

Anggaran Dinas Peternakan Gorontalo Utara, Lebih Besar untuk TKD Ketimbang Pengadaan Sapi

13/01/2021 19:35 0 By Maman

Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik.

Hulondalo.id – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidk Djibran, menyoroti struktur anggaran yang ada di Dinas Peternakan Gorontalo Utara. Betapa tidak, dinas yang mengurusi soal peternakan itu, alokasi anggarannya lebih banyak untuk tunjangan pegawai hingga perjalanan dinas pejabat, tapi tidak ada untuk pengadaan ternak sapi.

“Maka disini tentunya saya ingin menanyakan kepada Bupati dan Wakil Bupati terkait janji yang pernah disampaikan, bahwa di Kecamatan Sumalata itu akan dijadikan pusat peternakan. Akan tetapi sampai pada saat ini satu ekor sapi pun tidak di anggarkan di tahun 2021,” ketus Hamzah, saat rapat interpelasi Selasa (12/01/2021).

Bagi Hamzah, wajar jika DPRD kemudian geram. Karena uang rakyat yang seharusnya kembali ke rakyat, malah lebih banyak digunakan untuk urusan pejabat dan perjalanan dinas saja.

Ketua Golkar Gorut itupun membeberkan berapa besar anggaran pengadaan ternak yang ada di RKA Dinas Peternakan. Yang ada hanya bibit ayam Rp 80 juta dan pengadaan kambing Rp 108 juta, yang kalau ditotal hanya Rp 188 juta saja. Padahal, TKD, perjalanan dinas hingga gaji ASN nilainya jauh lebih dari itu.

“Maka dengan adanya pokok – pokok pikiran DPRD inilah kami melakukan penetrasi agar ada anggaran yang bisa kesitu,” tandasnya. (Prin/Adv)