Anggaran Ratusan Miliar, Pengembangan Pelabuhan Anggrek Dimulai 2020

14/11/2019 10:26 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin menyampaikan sambutan dalam acara Konsultasi Publik Prastudi Kelayakan KPBU di Pelabuhan Anggrek Provinsi Gorontalo. (hms)

Hulondalo.id- Skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) akan dilakukan pada pengembangan Pelabuhan Anggrek Gorontalo Utara. Anggarannya, mencapai ratusan miliar rupiah.

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin mengatakan, anggaran pengembangan pelabuhan anggrek ditanggung oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Perhubungan RI. Sesuai perkiraan kata dia, tahapan pembangunan akan dilakukan pada 2020.

“Paling lambat pembangunan sudah dilakukan 2021, sebab ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, selain konsultasi publik ini, akan ada market sounding,” kata Sekda di Hotel Grand Q Rabu (13/11/2019).

Skema KPBU untuk pengembangan Pelabuhan Anggrek ini, merupakan pilot project dari Kemenhub RI. Sebelumnya direncanakan untuk Pelabuhan Baubau. Namun, atas beberapa pertimbangan, kemudian Pelabuhan Anggrek menjadi prioritas.

Apalagi Pelabuhan Anggrek ini berhadapan langsung dengan beberapa negara asia. Sehingga, pertimbangan untuk membangun konektifitas selain dalam negeri, juga luar negeri, sehingga Pelabuhan Anggrek dipilih untuk dikembangkan.

“Terlebih, rencana pemerintah pusat memindahkan ibukota negara di Kalimantan, maka bisa saja Pelabuhan Anggrek ini menjadi pelabuhan utama di Indonesia,” ungkap Sekda.

Bagi daerah, tentu akan memberikan banyak dampak positif secara ekonomi. Pemerintah daerah juga kata Sekda, telah membantu dengan memberikan fasilitas penunjang untuk kegiatan kepelabuhanan diantaranya pembebasan lahan.

Sementara itu, Konsultasi Publik Prastudi Kelayakan KPBU di Pelabuhan Anggrek Provinsi Gorontalo ini, digelar Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. (man/adv)