Angka Kesembuhan Covid-19 di Jawa Timur Tertinggi di Pulau Jawa

Angka Kesembuhan Covid-19 di Jawa Timur Tertinggi di Pulau Jawa

13/09/2020 15:34 0 By Maman

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo saat akan melakukan gowes dan bagi masker. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi dengan angka kesembuhan Covid-19 tertinggi di Pulau Jawa. Per Sabtu (12/9/2020) kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, tingkat kesembuhan Covid-19 mencapai 79,08%.

Menurut Khofifah, Pemprov Jatim sudah punya pengalaman dalam penanggulangan penyebaran Covid-19. Format yang pakai adalah, Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM). PSBM lanjutnya, dinilai efektif saat diterapkan di Magetan, Sidoarjo (Lapas Porong) beberapa waktu lalu.

Khofifah juga menjelaskan, baru-baru ini Banyuwangi sempat terjadi lonjakan kasus positif Covid-19. Namun, penerepan PSBM, bisa menanggulangi hal itu.

“Kita tidak berharap ada klaster baru lagi, tapi bila itu terjadi, maka kita akan terapkan PSBM,” tegasnya.

Selain PSBM kata Gubernur, masih ada kekuatan lain yang dimiliki Pemprov Jatim. Seperti yang diterapkan di Kabupaten Tulungagung, Kampung Tangguh. Kampung Tangguh diakuinya, akan menjadi ruang kontrol, monitoring, edukasi dan sosialisasi.

“Kampung Tangguh punya sistem yang bisa mengendalikan, agar transmisi dan mutasi Covid-19 tidak menular kepada keluarga dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan, kehadiran Gubernur Jawa Timur ini di Tulungagung ini, untuk melakukan pembinaan, stimulasi, mengenai pemulihan kondisi menuju new normal.

Agenda kunjungan diawali kegiatan permasyarakatan, sosialisasi, edukasi memutus mata rantai Covid-19. (Sururi)