Anjing yang Gigit 4 Warga di Atinggola, Dieksekusi Mati

09/12/2019 23:34 0 By Maman

Petugas dari Dinas Keswan Gorontalo UBeritatara saat memeriksa anjing yang terinfeksi rabies setelah sebelumnya ditembak. (istimewa)

Hulondalo.id- Polsek Atinggola dan Dinas Kesehatan Hewan (Keswan) Gorontalo Utara, mengeksekusi anjing yang menggigit warga Atinggola.

Kanit Binmas Polsek Atinggola AIPDA. Mukti Tapulu mengatakan, pencarian anjing langsung dilakukan, setelah menerima informasi adanya warga yang kembali menjadi korban Senin (9/12/2019).

Kapolsek Atinggola IPTU. Irawan juga kata dia, langsung memerintahkan seluruh anggotanya untuk melakukan pencarian ke wilayah Desa Ilomata.

“Pencarian ke wilayah Ilomata, karena laporan dari orang tua korban bahwa anjing ini lari ke Desa Wapalo,” ungkap Mukti.

Dalam pencarian anggota sempat berniat melintasi gunung untuk langsung ke desa dimaksud. Namun karena mengalami kesulitan, akhirnya dibatalkan.

“Kondisi jalan cukup terjal, dan banyak tanaman warga disana, akhirnya anggota memilih untuk memutar,” tukas Mukti.

Setibanya desa itu, anjing tersebut terlihat. Rencana awal, anjing akan ditangkap hidup-hidup. Namun saat itu, anjing sudah mendekati salah seorang warga.

“Ada penyampaian dari petugas keswan, agar anjing ini kalau ditemukan jangan ditembak mati, tapi kami melihat anjing tersebut sudah mendekati lagi warga, akhirnya anggota memutuskan untuk menembak demi menghindari timbulnya korban lagi,” kata Mukti.

Warga yang diperlihatkan anjing tersebut usai ditembak, juga membenarkan bahwa, anjing tersebut yang menyerang dan menggigit warga.

Koordinasi langsung dilakukan dengan Dinas Keswan Gorontalo Utara. Sebuah tim diturunkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap anjing.

“Sesuai penyampaian dari tim tersebut, setelah diambil sampel, anjing itu dibakar sampai habis, menghindari ada hewan lain yang memakan sisa daging anjing tersebut,” kata Mukti.

Tim tersebut kata Mukti, juga mendatangi Desa Sigaso Atinggola. Diperoleh informasi, ada anjing yang mirip dengan anjing yang menyerang 4 orang warga sebelumnya.

“Info yang kami terima, anjing itu juga sudah dieksekusi oleh warga, gejala terinfeksi rabies nampak pada anjing tersebut,” ujar Mukti. (Saprin)