Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemkot Blitar Gelar Apel Kesiapsiagaan

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemkot Blitar Gelar Apel Kesiapsiagaan

17/11/2020 14:48 0 By Maman

Apel Kesiapsiagaan Pemkot Blitar

Pjs Walikota Blitar, Jumadi mengecek kesiapan antisipasi terhadap bencana hidrometeorologi. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Pemkot Blitar menggelar apel kesiapsiagaan guna mengantisipasi bencana hidrometeorologi. Apel ini juga menindak lanjuti informasi dari, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) kelas 1 Juanda dan Stasiun Klimatologi Malang.

Tahun 2020-2021 kata Pjs Walikota Blitar, Dr. Ir. Jumadi M,MT, BMG kelas 1 Juanda dan Stasiun Klimatologi Malang, memprediksi akan terjadinya anomali suhu laut di Samudra Pasifik. Diperkirakan presipitasi atau curah hujan di akhir tahun 2020 sampai dengan awal tahun 2021 dari sedang sampai tinggi.

“Oleh karena itu, kita mengantisipasi gelombang laut yang diperkirakan akan terjadi di bulan Januari maupun bulan Februari, apel ini juga dilaksanakan, untuk memperkuat peran bersama dari TNI, Polri dan Pemerintah Daerah, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kesiap kesiagaan bencana Hidrometeorologi,” kata Jumadi.

Kepada seluruh personil kata Jumadi, agar benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, serta sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Jumadi juga mengingatkan, untuk selalu mengutamakan keselamatan jiwa pada saat melaksanakan tugas.

“Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, longsor, hingga puting beliung,” ungkapnya di Aloon-Aloon Kota Blitar, Selasa,(17/11/2020).

Bencana ini kata Jumadi, sangat ditentukan dari kondisi cuaca. Apalagi saat ini Indonesia memasuki musim hujan yang puncaknya diperkirakan terjadi pada Januari-Februari tahun 2021. Ditambah juga kata dia, dengan fenomena La Nina yang saat ini aktif di Samudera Pasifik.

“La Nina akan sangat memengaruhi terhadap peningkatan curah hujan hingga 40 persen, karena itu, terpenting pada apel kali ini adalah seluruh elemen komponen hadir untuk mengkonsolidasi secara tepat dan bersinergi,” kata Jumadi.

Jumadi juga berharap agar, masyarakat di wilayah paling terkecil mulai tingkat Rukun Tetangga atau Rukun Warga yang paling kecil membersihkan selokan saluran drainase. Jumadi menghimbau kepada masyarakat diminta waspada pada perubahan cuaca mulai bulan Desember 2020, Januari hingga Februari 2021.

“Prilaku hidup bersih dan sehat di dalamnya komponen untuk 3M, bila kita terpadu menjadi bagian penting manajemen untuk mengelola bencana alam yang diperkirakan akan terjadi maupun bencana non alam berupa konflik,” pungkasnya.

Turut hadir dalam apel tersebut, Kapolres Kota Blitar, AKBP Leonard Sinambella, Dandim 0808, Letkol Arh Dian Mursiyanto. (Anang/Hms/Adv)