Antisipasi Corona, Launching Pilkada Ditunda

Antisipasi Corona, Launching Pilkada Ditunda

16/03/2020 22:18 0 By Syakir

Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo

Hulondalo.id – KPU RI belum memikirkan opsi penundaan pilkada serentak, terkait sebaran virus corona atau covid-19. Namun dalam siaran persnya, KPU daerah diminta untuk menunda kegiatan kegiatan yang mengumpulkan massa besar, termasuk menunda launching pilkada 2020.

Sedikitnya ada tiga poin yang diatur KPU RI dalam edaran yang dikeluarkan, Senin (16/3/2020) itu. Pertama, pengaturan pola kerja pegawai di lingkungan KPU. Sebagian bekerja di kantor, sebagian lagi bekerja dari rumah.

Kedua, soal tahapan pilkada yang dilaksanakan selang Maret dan April 2020. Seperti pelantikan PPS, untuk tidak dilakukan serentak di satu lokasi, baiknya pelantikan dilaksanakan terpisah.

siaran pers KPU RI

Begitu juga dengan proses verifikasi faktual calon perseorangan hingga pemutakhiran data pemilih, para petugas agar dilengkapi dengan peralatan proteksi diri yang ketat, serta menghindari kontak langsung.

Ketiga, dalam edaran itu juga KPU RI menginstruksikan KPU daerah, agar menunda kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar, termasuk launching pilkada 2020, hingga 31 Maret mendatang. Dan nanti dijadwalkan kembali pada 1 April.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasyid Sayiu saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah menerima edaran tersebut. Dan siap melaksanakan sesuai instruksi KPU RI.

“Prinsipnya kita akan melaksanakan kebijakan KPU. Terkait dengan pelaksanaan tahapan, KPU Kabupaten Gorontalo akan terus bekerja mensukseskan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Gorontalo 2020,” pungkasnya. (zhk)